Home / Berita Terkini / Prestasi Tim Fakultas Filsafat Unpar Tandai Debut dalam Lomba Debat Nasional
Tim Debat Fakultas Filsafat Unpar (tiga orang di tengah) bersama para pemenang Lomba Debat Philosofair 2019 (Sumber: Dok. FF Unpar)

Prestasi Tim Fakultas Filsafat Unpar Tandai Debut dalam Lomba Debat Nasional

Dalam lomba debat tingkat nasional yang diselenggarakan di Universitas Indonesia pada 13 November lalu, Tim Fakultas Filsafat Universitas Katolik Parahyangan (FF Unpar) berhasil meraih Juara 1. Tim yang terdiri dari Moses William Yuwono, Revie Merthensa, dan Christian Kwok ini terlibat dalam lomba debat Philosofair 2019 yang diselenggarakan oleh Komunitas Filsafat UI.

Mengangkat tema “Quickie Culture”, acara ini menyoroti perkembangan wacana budaya dalam zaman serba cepat ini. Sesuai dengan tema tersebut, mosi yang didebatkan dalam lomba adalah “Cultural Appropriation: Pro or Against?” Topik ini sangat sesuai dengan wacana kebudayaan yang selama ini menjadi concern FF Unpar.

Berbagai persiapan dilakukan oleh tim menghadapi kompetisi tersebut. Pertama, mereka mendapatkan pembekalan mengenai gagasan “cultural appropriation” yang diberikan oleh Guru Besar FF Unpar Prof. Bambang Sugiharto. Kemudian, tim mengikuti simulasi debat yang melibatkan tim khusus beranggotakan tiga mahasiswa sarjana dan dua mahasiswa magister filsafat. Simulasi berlangsung seru, juga berseliweran pula gagasan, kritik dan saran yang menjadi masukan penting bagi tim.

Prestasi ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi FF Unpar dalam debutnya di kegiatan debat filsafat tingkat mahasiswa. FF Unpar berharap prestasi tersebut mengawali keikutsertaan FF Unpar dalam ajang-ajang debat selanjutnya, dan menorehkan prestasi kembali di kemudian hari. (/DAN)