Home / Berita Terkini / Prepare Yourself for Interconnected World

Prepare Yourself for Interconnected World

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah melahirkan dunia digital. Namun berkembangnya dunia digital dengan berbagai konsekuensinya di dunia pendidikan, tidak serta merta disertai dengan mengembangkan digital literacy. Digital literacy adalah kemampuan individu untuk mencari, mengevaluasi, menggunakan, membagikan, dan membuat informasi dengan menggunakan teknologi informasi dan internet. Menumbuhkan dan mengembangkan digital literacy menjadi penting dalam menyikapi pesatnya perkembangan  teknologi informasi dan komunikasi digital saat ini.

Pada Rabu (1/2) lalu, Pusat Inovasi Pembelajaran (PIP) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) mengadakan Seminar Digital Literacy bagi mahasiswa dan dosen Unpar. Menjadi narasumber dalam kesempatan ini, Dr. Anuncius Gumawang Jati (Institut Teknologi Bandung) yang juga merupakan anggota Yayasan Unpar, menjelaskan kerangka teoritis mengenai digital literacy berikut dengan aspek praksisnya kepada para partisipan.

Dalam seminar tersebut, dibahas mengenai dunia yang kian saling terhubung, perubahan cepat dari teknologi, pekerjaan dan keterampilan di masa depan serta karakteristik generasi Z. Prepare Yourself for Interconnected World. Inilah pesan penting yang disampaikan beliau dalam seminar yang bertempat di Operation Room, Gedung Rektorat, Unpar, seperti dilansir dalam situs laman pip.unpar.ac.id.

Saat ini, kita berhadapan dengan dunia digital yang tengah mengalami perubahan yang sangat cepat. Era internet telah mengubah manusia dalam banyak hal, seperti cara mengakses informasi, cara berkomunikasi, cara berbinis, sistem pembelajaran, jenis pekerjaan, dan lainnya.

Ia juga menjelaskan tentang berbagai keahlian yang dibutuhkan generasi saat ini untuk menyambut beragam pekerjaan di masa depan di antaranya: sense making, social intelligence, cross cultural competencies, computational thinking, new media literacy, transdiciplinarity, designed mindset, dan virtual collaboration.

Seminar ini diharapkan dapat memupuk kesadaran mahasiswa juga dosen akan pentingnya digital literacy serta menentukan tindakan untuk mengambil keuntungan daripadanya.