Home / Calon Mahasiswa / PM Universitas Katolik Parahyangan

PM Universitas Katolik Parahyangan

PM UNPAR atau Persatuan Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (PM UNPAR) didirikan pada 1971. PM UNPAR ini merupakan penyempurnaan Keluarga Mahasiswa UNPAR yang merupakan student government sebelumnya. Beranggotakan Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM), Lembaga Kepresidenan Mahasiswa (LKM), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Banyak kegiatan yang dilakukan oleh anggota PM UNPAR sendiri. Untuk MPM, mereka memiliki fungsi legislatif dan yudikatif. Fungsi legislatif yang dimaksud yaitu MPM memiliki fungsi membuat peraturan yang harus ditaati setiap lembaga di PM UNPAR. Untuk fungsi yudikatif, MPM bertugas mengawasi setiap program kerja dan kegiatan kemahasiswaan yang dijalankan agar sesuai dengan aturan yang telah dibuat.

Anggota MPM berasal dari perwakilan setiap fakultas di UNPAR yang dipilih melalui Pemilihan Umum (Pemilu). MPM juga berkewajiban untuk mencari, menampung, mempertimbangkan, dan menindaklanjuti setiap aspirasi dari seluruh mahasiswa UNPAR. Sementara itu, LKM merupakan sebuah organisasi tingkat Universitas yang berfungsi sebagai lembaga eksekutif tertinggi dalam PM UNPAR. Selain itu, LKM berfungsi sebagai sarana aktif mahasiswa UNPAR untuk berkembang dalam bidang organisasi maupun kegiatan kemahasiswaan. LKM juga memiliki peranan lain, yaitu membangun pola kerja yang terbuka, menjalin hubungan yang kooperatif, hadir mendengar dan tanggap dalam memenuhi kebutuhan mahasiswa, serta meningkatkan eksistensi mahasiswa UNPAR di masyarakat dengan melibatkan pihak eksternal.

Selanjutnya, HMPS adalah sebuah lembaga organisasi tingkat program studi. HMPS merupakan wadah mahasiswa di program studi untuk mengembangkan potensi diri masing-masing. Di dalam PM UNPAR terdapat 16 HMPS yang mewakili masing-masing program studi. Terakhir, UKM. UKM merupakan wadah untuk mahasiswa menggali potensi diri dan mengasah kemampuan soft-skill yang sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa.

Prestasipun banyak diraih di dalam PM UNPAR ini. Contohnya prestasi dari beberapa program studi di UNPAR, yaitu dari Program Studi Fisika yang mendapatkan Silver Medal (green technology) International Exhibition of Young Inventors 2014, Jakarta. Selain itu juara 1 ACCA Book Prize Award Association of Chartered Certified Accountants 2014 yang merupakan perwakilan dari Program Studi Akuntansi. Kemudian juara I pada ACC NEXT GENERATION 2015 untuk Program Studi Teknik Industri. Ada juga dari Program Studi Manajemen yang meraih Juara 1 Final Regional BNI Co-Creators 2014. Program Studi lainnya yang ikut menambah prestasi adalah Program Studi Ilmu Hukum yang meraih juara 2 Constitutional Drafting dan Sidang Semu Majelis Permusyawaratan Rakyat, Padjajaran Law Fair 2014, 11-13 April 2014 oleh Tim FORWARD 198. Prestasi membanggakan lainnya datang dari Program Studi Teknik Kimia yang meraih juara II Plant Design Competition pada acara Indonesia Chemical Engineering Challenge (IChEC), pada 25 April 2014. Program Studi Teknik Sipil pun ikut menambah prestasi dengan meraih juara 1 CIVIL NATIONAL EXPO (CNE) 2014 yang merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Sipil Tarumanegara (IMASTA). Tidak hanya itu, Program Studi Matematika yang meraih juara III Lomba Sempoa dan Mental Aritmatika – SEMPOA SIP 20 Juni 2014 dan Program Studi Teknik Informatika yang meraih Juara III Cisco Netriders Competition 2014.

Prestasi lainnya muncul dari UKM, yaitu UKM Mahitala yang melakukan ekspedisi Karst Papua Barat pada 2014. Ada juga dari UKM Listra yang menjadi 1st Most Outstanding performance in 10th World Folkdance Festival (AIGIO-Greece). Selain itu, UKM PSM yang meraih juara I untuk kategori Mixed Choir dan juara IV untuk kategori Folklore pada kegiatan 51st Internationaler Chorwettbewerb di Spittal, Austria pada tanggal 4 Juli 2014. Kemudian UKM Korgala yang tanggap bencana tanah longsor di Dusun Jemblung, Kabupaten Banjarnegara pada 2014 dan melakukan bakti sosial di Rumah Cinta Anak Kanker Bandung dalam Korgala Peduli Sesama 2015. UKM lainnya yang menambah prestasi datang dari UKM Kendo yang meraih juara I dan III pertandingan tim pria dan juara II pertandingan perorangan perempuan pada turnamen internal Bandung Kendo Association, Mei 2015. UKM PEDS pun meraih juara I dalam acara ALSA Unpad E-Challenge, Maret 2014. UKM Softball dan Baseball ikut menambah prestasi dengan meraih juara II, kejuaraan IT Telkom Cup yang diselenggarakan 7-26 April 2015. Tidak ketinggalan UKM Basket yang meraih juara I Liga Mahasiswa regional Jawa Barat 2014/2015 untuk putri dan juara I UPTION cup 2015 untuk tim putra. [Direktorat Jendral Media Komunikasi dan Informasi Lembaga Kepresidenan Mahasiswa UNPAR]

Sumber: KOMPAS – Griya Ilmu (Selasa, 29 September 2015), “PM Universitas Katolik Parahyangan”.