Home / Berita Terkini / PKM FT Unpar Berbagi Ilmu Kesiapsiagaan Bencana

PKM FT Unpar Berbagi Ilmu Kesiapsiagaan Bencana

Berdasarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sedikitnya 23 provinsi masuk dalam kategori risiko tinggi terhadap gempa bumi di Indonesia sejak tahun 2010 hingga 2014. Jawa Barat menjadi provinsi dengan jumlah kejadian bencana alam terbanyak kedua selama dua dekade terakhir, dengan sebagian besar wilayahnya berada pada tingkat kerawanan yang tinggi.  

Salah satu upaya yang difokuskan oleh pemerintah Indonesia saat ini untuk mengurangi kerugian akibat bencana adalah dengan meningkatkan kesiapsiagaan, dan penanganan darurat bencana di seluruh lapisan masyarakat. Untuk mendukung usaha tersebut, Fakultas Teknik UNPAR  menyelenggarakan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) berupa knowledge sharing kesiapsiagaan bencana. 

Kegiatan yang merupakan bentuk kerjasama FT Unpar dengan Yayasan JUBIT International, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat ini diselenggarakan di Sekolah Kuntum Cemerlang pada 1 November 2019. Para peserta terdiri dari seluruh elemen komunitas sekolah, mulai dari tenaga pendidik, tenaga kependidikan non-guru, tenaga pendukung, dan utamanya adalah para pelajar. 

Komunitas sekolah merupakan agen perubahan yang sangat potensial dalam menyebarluaskan pengetahuan tentang fenomena bencana alam secara umum, dan memotivasi seluruh masyarakat sedini mungkin untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana alam demi mengurangi risiko yang dapat timbul. Pengetahuan dan sikap siaga bencana yang dimilikinya diharapkan dapat menjadi sebuah budaya atau kebiasaan yang dapat diterapkan pada kehidupan sehari–hari, dan selanjutnya dapat ditularkan kepada masyarakat sekitar. (/DAN)