Home / Berita Terkini / PIP Unpar Gelar Workshop Flipped Classroom
  • Made Hery Santosa, Ph.D (UPG Bali) sebagai narasumber dalam Workshop Flipped Classroom, Senin (24/6)

  • Salah seorang peserta mengemukakan pendapatnya mengenai metode pembelajaran Flipped Classroom

  • Workshop diisi dengan dinamika kelompok yang disambut antusias oleh peserta

PIP Unpar Gelar Workshop Flipped Classroom

Salah satu ciri khas metode pembelajaran adalah adanya interaksi antara ‘guru’ dengan ‘murid’, dimana guru sebagai pusat memberikan ilmu secara terarah kepada para murid. Mayoritas waktu dalam kelas akan diisi oleh guru dengan memberikan materi pengajaran, yang akan diresapi serta ditanggapi lewat pertanyaan maupun diskusi. 

Tetapi, dengan adanya perubahan dalam masyarakat, termasuk kemajuan teknologi pembelajaran, maka pola pembelajaran dalam kelas pun mulai berubah. Salah satu inovasi pembelajaran yang kini tengah dikembangkan adalah ‘flipped classroom’, secara harfiah berarti kelas terbalik. 

Menggunakan model ini, guru sebagai fasilitator dan mentor mengajak peserta didik untuk ‘terlibat’ lebih jauh dalam penggalian ilmu. Hal ini dilakukan dengan mengubah metode pembelajaran dengan memindahkan materi pembelajaran, yang sebelumnya disampaikan di dalam kelas, keluar lewat berbagai platform seperti video dan kelas daring. Selanjutnya, kegiatan dalam kelas diisi dengan pendalaman konsep dan kegiatan lain, sehingga menciptakan makna lebih dalam proses pembelajarannya. 

Untuk memahami konsep dan cara kerja flipped classroom, Pusat Inovasi Pembelajaran Universitas Katolik Parahyangan (PIP Unpar) menyelenggarakan Workshop Flipped Classroom pada Senin (24/6). Kegiatan ini dipandu oleh Made Hery Santosa, Ph.D dari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali. 

Selama sehari penuh, para dosen yang menjadi peserta workshop diajak untuk merancang implementasi flipped classroom dalam kegiatan perkuliahan yang mereka ampu. Mulai dari pengenalan konsep hingga pembuatan konten dan aktivitas pembelajaran serta pemilihan platform pendukung juga penyusunan rencana pekuliahan, seluruh materi disampaikan secara ringan namun berbobot, diselingi diskusi dan dinamika kelompok.

Mendukung tindak lanjut pelaksanaan flipped classroom di Unpar, para peserta workshop diajak untuk merancang flipped classroom untuk diimplementasikan secara nyata. Rancangan-rancangan terbaik yang telah diseleksi akan mendapatkan hibah inovasi pembelajaran yang dikelola oleh PIP Unpar.