Home / Berita Terkini / Peran Pusat Studi Kembangkan Ilmu Pengetahuan

Peran Pusat Studi Kembangkan Ilmu Pengetahuan

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) memiliki keinginan yang kuat dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Sesuai dengan visi dan misinya sebagai komunitas akademik humanum, akademisi Unpar mengembangkan ilmu dalam mengangkat potensi lokal untuk meningkatkan peradaban manusia. Tentunya, pengembangan keilmuan itu tidak bisa lepas dari aktivitas riset dan pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai bidang ilmu dan keahlian.

Untuk mendukung visi dan misi tersebut, Unpar menghadirkan berbagai Pusat Studi di tengah komunitas akademik Unpar. Secara garis besar, pusat studi di Unpar terbagi ke dalam dua kategori, yaitu Pusat Studi Multidisiplin yang terdiri dari lima pusat studi dalam skala universitas, serta Pusat Studi Monodisiplin yang dikelola oleh masing-masing fakultas dan program studi, juga mengarahkan riset dan aktivitas akademik lain dalam koridor ilmu yang spesifik.

Pusat Studi sendiri memiliki fungsi sebagai fasilitator kegiatan penelitian baik dalam satu bidang ilmu maupun lintas bidang penelitian. Di tengah masyarakat, pusat studi memberikan beragam bentuk layanan. Misalnya, aktivitas pengabdian masyarakat lewat pendampingan dan pemberdayaan masyarakat, serta pembinaan dan konsultasi bagi lembaga dan instansi di luar Unpar.

Pengelolaan pusat studi di Unpar, baik monodisiplin maupun multidisiplin, dikoordinasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM). Untuk itu, Dr. Henky Muljana selaku Kepala LPPM Unpar dalam wawancara dengan Tim Publikasi menyoroti pentingnya regulasi dalam pengelolaan pusat studi, mulai dari pendirian hingga rencana program dan arah penelitian. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh masing-masing pusat studi.

Selengkapnya dalam Dr. Henky Muljana: Pusat Studi Sebagai Sentral Pengembangan Keilmuan Unpar

Saat ini, Unpar memiliki lima pusat studi multidisiplin, yaitu Centre of Excellence for Small and Medium Industries Development (CoE SMED), Centre of Excellence for Urban Infrastructure Development (CUID), Centre for Adaptation and Resilience Environmental Design studies (CAREDs), Center for Human Development and Social Justice (CHUDS), serta Pusat Studi Pancasila (PSP). Kehadiran pusat studi multidisiplin di Unpar bukan tanpa sebab. Pusat studi ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi isu yang dihadapi masyarakat dari berbagai kacamata keilmuan. 

Contohnya adalah Pusat Studi Pancasila Unpar, yang pada tahun ini merayakan tiga tahun peresmiannya. PSP Unpar memahami penguatan Pancasila sebagai ideologi kebangsaan dalam keseharian masyarakat. Dimulai dari lingkungan akademik Unpar yang seringkali diibaratkan sebagai ‘Indonesia Kecil’ dengan keberagamannya, PSP Unpar menyebarkan semangat Pancasila melalui kajian, kegiatan intelektual, serta pemberdayaan masyarakat.

Selengkapnya dalam Pusat Studi Pancasila Unpar: Wadah Keilmuan Ideologi Bangsa

Sebagai aktivitas utamanya, pusat studi di Unpar perlu menyelenggarakan riset secara berkelanjutan. Hal ini diharapkan dapat mendukung terwujudnya rencana pengembangan riset baik di tingkat universitas maupun secara nasional. Di sisi lain, masukan dari para akademisi yang secara giat melakukan riset dalam bidang ilmu yang dipakarinya menjadi modal penting bagi pengembangan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat baik di lingkup institusional hingga negara.

Pada kesempatan seminar memperingati Dies Natalis ke-65 Unpar, dua orang akademisi Unpar yaitu Prof. Judy Retti B. Witono (Guru Besar Teknik Kimia Unpar) dan Yulius Purwadi Hermawan, Ph.D. (Dosen Hubungan Internasional Unpar) memberikan pandangan mereka mengenai pengembangan riset di Indonesia. Prof. Judy menyoroti pentingnya riset sebagai langkah penting memajukan keadaban manusia. Di sisi lain, Yulius Purwadi menegaskan pentingnya kolaborasi global dalam meningkatkan kualitas riset, khususnya di bidang kajian ilmu sosial.

Selengkapnya dalam Peran Penting Perguruan Tinggi dalam Riset

Pengembangan riset melalui pusat studi merupakan bagian dari keinginan Unpar untuk berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Pusat studi di Unpar diharapkan dapat mengembangkan ilmu pengetahuan yang ada saat ini, sembari memberi solusi bagi isu-isu dan kebutuhan nyata di tengah masyarakat kita. (DAN)