Home / Berita Terkini / Pentingnya Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Sumber Daya Air di Kota Bandung

Pentingnya Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Sumber Daya Air di Kota Bandung

Air sebagai salah satu sumber daya yang memiliki nilai strategis dalam peningkatan kesejahteraan hidup dan pembangunan kini dihadapkan pada banyak permasalahan baik ketersediaan, pemanfaatan, maupun pengembangan dan pengelolaan.

Sehubungan dengan hal tersebut, pada tanggal 20 September 2014 telah diselenggarakan Seminar Nasional Teknik Sumber Daya Air ke-6 yang bertajuk “Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Perkotaan” di Universitas Katolik Parahyangan. Seminar nasional Teknik Sumber Daya Air ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan dalam rangka membangun komunikasi antar akademisi, peneliti, praktisi, pengamat air dan lingkungan serta masyarakat untuk bersama-sama berbagi pengetahuan dan pengalaman guna meningkatkan kinerja pengelolaan sumber daya air di air tanah.

Seminar ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2006 atas inisiasi 3 perguruan tinggi di kota Bandung (Universitas Katolik Parahyangan, Institut Teknologi Nasional, dan Universitas Jenderal Achmad Yani), bersama Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air serta Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia cabang Bandung (kini cabang Jawa Barat). Saat ini telah berkembang dengan jejaring lebih luas yang melibatkan beberapa perguruan tinggi lain (yaitu: Institut Teknologi Bandung, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Langlangbuana, Politeknik Negeri Bandung), serta sejumlah instansi pemerintah (yaitu: Dinas PSDA Provinsi Jawa Barat, Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Bandung, dan Balai Besar Wilayah Sungai Citarum).

Lebih dari 430 peserta yang hadir pada seminar kali ini dan disajikan dengan 25 buah makalah yang membahas antara lain: sinergisme tata ruang air dan wilayah perkotaan, upaya restorasi sungai perkotaan, konservasi air tanah, penanganan banjir perkotaan, penerapan sistem drainase berwawasan lingkungan, upaya penyediaan air bersih dan sanitasi, pengelolaan sampah dan air limbah, serta pemberdayaan lembaga dan masyarakat dalam pengelolaan air.

Memperhatikan berbagai permasalahan tentang sumber daya air di daerah perkotaan saat ini, peran serta pemerintah bersama masyarakat menjadi sangat penting untuk dapat menyelenggarakan pengelolaan sumber daya air secara terpadu untuk wilayah perkotaan dengan mengintegrasikan kepentingan berbagai sektor, wilayah, dan para pemilik kepentingan dalam bidang sumber daya air. Tidak terlepas dari itu, perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan memiliki peran kunci untuk mendukung penyelesaian masalah dan penerapan konsep pembangunan yang berkelanjutan khususnya untuk wilayah perkotaan termasuk Kota Bandung.