Home / Berita Terkini / Pentingnya Merefleksikan Diri dalam Proses Pembelajaran
Peserta diskusi mendengarkan paparan mengenai Proses Refleksi dalam Pembelajaran yang dibawakan oleh Bernardus Ario Tejo pada diskusi PIP Unpar yang berlangsung Kamis (29/8)

Pentingnya Merefleksikan Diri dalam Proses Pembelajaran

Pusat Inovasi Pembelajaran Universitas Katolik Parahyangan (PIP Unpar) kembali mengadakan Diskusi dan Sharing Pembelajaran yang Inspiratif dan Inovatif pada Kamis (29/8). Pada edisi diskusi ke-23 ini, PIP Unpar mengangkat tema “Refleksi dalam Pendidikan,” dengan narasumber Bernardus Ario Tejo Sugiarto, S.S., M.Hum (Dosen Humaniora Unpar).

Dalam diskusi yang berlangsung di Ruang Rapat Medium Rektorat Unpar ini, peserta diskusi yang terdiri dari para dosen berbagai program studi mengikuti paparan dan diskusi mengenai pentingnya proses refleksi dalam pembelajaran, khususnya dalam kegiatan perkuliahan. Bernardus memandang refleksi sangat penting bagi peserta didik untuk memaknai ilmu pengetahuan.

Ia kemudian berbagi langkah-langkah membantu mahasiswa untuk merefleksikan materi perkuliahan. Contohnya adalah dengan menulis pengalaman mereka mengenai hal-hal yang mereka dapatkan dalam proses pembelajaran, baik di dalam maupun di ruang kuliah. Refleksi ini membantu mahasiswa memahami lebih dari apa yang diberikan oleh pendidik, yaitu nilai-nilai yang terkandung di dalam materi pembelajaran tersebut.

Refleksi diri menjadi sarana penting bagi mahasiswa untuk meresapkan ilmu yang didapat dalam proses pembelajaran. Oleh karenanya, dosen sebagai pendidik perlu mendampingi para mahasiswa untuk merefleksikan diri dan memahami ilmu dengan lebih baik. (DAN)