Home / Berita Terkini / Pentingnya Inovasi Proses Pembelajaran Sambut Era Industri 4.0

Pentingnya Inovasi Proses Pembelajaran Sambut Era Industri 4.0

Inovasi dalam proses pembelajaran khususnya di perguruan tinggi sangat penting dalam meningkatkan kualitas peserta didik. Apalagi, saat ini masyarakat tengah menyongsong Era Revolusi Industri 4.0, dimana perubahan terjadi begitu cepatnya. Oleh karenanya, dosen selaku pengajar perlu untuk mengevaluasi dan mempelajari strategi baru guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

Menanggapi fenomena ini, Pusat Inovasi Pembelajaran Universitas Katolik Parahyangan (PIP Unpar) menyelenggarakan lokakarya bertajuk Workshop Collaborative and Cooperative Learning di Era Revolusi Industri 4.0. Workshop ini hendak melihat tantangan, karakteristik, dan peluang melakukan inovasi proses pembelajaran khususnya teknologi pembelajaran dalam Era Revolusi Industri 4.0.

Acara lokakarya yang berlangsung pada Kamis (14/3) ini diikuti oleh lebih dari 30 dosen dari berbagai program studi. Lokakarya menghadirkan dua narasumber, yaitu Dr. Anuncius Gumawang Jati (Institut Teknologi Bandung) beserta tim dari Indonesia Technology Enhanced Language Learning (iTELL), dan Dian Toar Y. G. Sumakul, M.A. dari Universitas Kristen Satya Wacana.

Kegiatan dibagi menjadi tiga mata acara. Pada sesi pagi, diskusi menyoroti tantangan dunia pendidikan tinggi yang dihadirkan oleh Revolusi Industri 4.0. Kemudian, diskusi dilanjutkan dengan topik karakteristik pembelajaran dalam Era Revolusi Industri 4.0. Acara lokakarya diakhiri dengan sesi berbagi (sharing) dan refleksi bagi para peserta. Proses diskusi tidak hanya melibatkan penyampaian materi, namun juga diisi dengan dinamika kelompok yang menambah antusiasme para peserta.

Sesuai dengan tema besar yang diangkat, lokakarya membicarakan pentingnya strategi pembelajaran yang menitikberatkan pada proses belajar kolaboratif dan kooperatif. Baik collaborative maupun cooperative learning sama-sama mendorong mahasiswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran, juga meningkatkan pengembangan diri peserta didik.

Diharapkan melalui lokakarya ini tenaga pengajar di Unpar dapat berinovasi dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran bagi mahasiswanya, sehingga menghasilkan lulusan yang semakin berkualitas pula.