Home / Berita Terkini / Pengukuhan Prof. A.A. Banyu Perwita, Ph.D sebagai Guru Besar

Pengukuhan Prof. A.A. Banyu Perwita, Ph.D sebagai Guru Besar

pengukuhan guru besar prof A A Banyu Perwita PhD

Pada hari Sabtu, 12 Januari 2008 diselenggarakan Upacara Pengukuhan Guru Besar Prof. Anak Agung Banyu Perwita, Ph.D. Beliau dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Hubungan Internasional, dengan pidato pengukuhan “Dinamika Keamanan Dalam Hubungan Internasional dan Implikasinya Bagi Indonesia”.

Prof. Anak Agung Banyu Perwita, Ph.D, lahir di Jakarta, 6 Februari 1967, merupakan putera pertama pasangan Anak Agung Gede Raka dan Nengah Sukarmini. Beliau menyelesaikan pendidikan dasar, menengah pertama dan menengah atas di Lembaga Pendidikan Katolik Pangudi Luhur, Jakarta. Sejak menempuh kuliah S1 di jurusan Ilmu Hubungan Internasional, ia sangat terlibat aktif dalam kegiatan kemahasiswaan. Pada tahun 1988, ia menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional FISIP UNPAR, lalu pada tahun 1990 menjadi Ketua I Senat Mahasiswa Pengkaji Masalah-Masalah Internasional (KSMPMI).

Sejak saat itulah ia terlibat dalam berbagai kegiatan diskusi dan menjadi penulis kolom masalah hubungan internasional di berbagai media cetak nasional. Studi S-1 dari Jurusan Hubungan Internasional, FISIP UNPAR diselesaikan pada Desember 1990. Setelah lulus, sempat menjadi wartawan lepas Majalah Teknologi dan Strategi Militer (TSM). Beliau bergabung sebagai tenaga dosen tetap pada bulan Juli 1991. Pada tahun 1992, ia memperoleh beasiswa British Chevening Scholarship dari Pemerintah Inggris untuk meneruskan program pascasarjana dan memperoleh MA in International Relations and Strategic Studies dari Lancaster University-Inggris pada November 1994. Sepulangnya dari Inggris, ia menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Ilmu Hubungan Internasional (Feb 1995-Feb 1998).

Tahun 1998, ia memperoleh beasiswa Australian Development Scholarship untuk mengambil program Doktoral di Flinders University, Adelaide-Australia dan pada bulan Juli 2002 berhasil menyelesaikan studi Doktoral dalam bidang Asian Studies dengan judul disertasi “Between Secularisation and Islamisation: Indonesia’s Foreign Policy Toward the Muslim World in the Soeharto Era”. Setelah menyelesaikan studi Doktoral, beliau kemudian terlibat dalam berbagai jabatan struktural seperti Sekretaris Jurusan Ilmu Hubungan Internasional (Nov 2003-Jan 2004), Pembantu Dekan I FISIP UNPAR (Feb 2004-Juni 2004) dan menjadi Dekan FISIP UNPAR (Juli 2004-Nov 2006). Kini ia menjabat sebagai Wakil Rektor UNPAR bidang Hubungan dan Kerjasama (Des 2006-Nov 2011). Selain itu juga tetap aktif menulis di berbagai media cetak nasional dan terlibat dalam berbagai aktivitas akademik di lingkungan Departemen Luar Negeri RI, Departemen Pertahanan, Dewan Ketahanan Nasional RI dan Kantor Sekretariat Wakil Presiden RI.

Selain aktivitas diatas, ia juga terlibat sebagai anggota Kelompok Kerja Reformasi Sektor Keamanan-Pro Patria, Senior Fellow, Center for Security and Defence Studies, Jakarta dan Overseas Member, Centro Argentino Estudies de Internacionale (CAEI), Argentina, Lead Institute, Jakarta.