Home / Berita Terkini / Penghargaan bagi Dosen dan Karyawan Unpar Berprestasi

Penghargaan bagi Dosen dan Karyawan Unpar Berprestasi

Momen Perayaan Dies Natalis menjadi saat yang tepat untuk merayakan capaian Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) setahun ke belakang. Termasuk juga berbagai prestasi yang diraih oleh insan dan organisasi dalam berbagai bidang.

Dalam Dies Natalis ke-64 yang jatuh pada Kamis (17/1) lalu, Unpar memberikan penghargaan baik kepada fakultas maupun dosen secara individual atas capaian dalam bidang akademik. Yang pertama adalah penghargaan persentase penggunaan Interactive Digital Environment Learning (IDE) Unpar yang kembali diraih oleh Fakultas Teknologi Informasi dan Sains (FTIS). Kemudian Wakil Rektor Bidang Akademik Paulus Cahyono Tjiang, Ph.D. memberikan penghargaan persentase tertinggi ketepatan waktu penyerahan nilai yang diraih oleh Fakultas Ekonomi (FE).

Penelitian dan pengabdian

Berikutnya, Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerjasama Dr. Budi Husodo Bisowarno memberikan penghargaan penelitian dan pengabdian masyarakat. Sebelumnya, ia menjelaskan bahwa dalam setahun terakhir, terjadi peningkatan jumlah karya yang diterbitkan dalam jurnal nasional dan internasional. Peningkatan juga terjadi pada jumlah hibah penelitian kepada dosen Unpar. Tahun ini, Dr. Purnama Salura (FT) terpilih sebagai peneliti terbaik. Berikutnya para dosen peneliti terbaik peringkat dua hingga lima adalah Sylvia Yazid Ph.D (FISIP), Dr. Paulus Sukapto (FTI), Tri Basuki Joewono Ph.D. (FT), serta Tua Agustinus Tamba Ph.D. (FTI).

Selain peneliti terbaik, Unpar juga memberikan penghargaan bagi presenter terbaik dalam kegiatan Seminar Terpusat LPPM tahun lalu. Para penerima penghargaan presenter terbaik yaitu Anastasia Maurina M.T. pada kelas pengabdian kepada masyarakat, Dr. Yohanes Karyadi Kusliansjah pada kelas teknik dan sains, Dr. Maria Theresia Judy Retti Bhawaningrum Witono pada kelas teknologi industri, serta Dr. Budiana Gomulia pada kelas ekonomi, sosial, dan humaniora.

Penghargaan juga diberikan kepada para dosen yang berpartisipasi dalam Pameran Poster Penelitian dan Pengabdian yang diselenggarakan LPPM. Poster karya Hans Kristianto M.T meraih penghargaan.kelengkapan informasi; poster penelitian Dr. Mia Wimala (FT) mendapat penghargaan kategori substansi; sementara poster milik Anastasia Maurina M.T. dipilih sebagai poster dengan estetika terbaik.

Penghargaan akademik terakhir berkaitan dengan keikutsertaan dosen dalam sistem informasi ilmiah SINTA yang dimiliki oleh pemerintah. Persentase dosen terbanyak mendaftarkan diri di SINTA tahun ini jatuh kepada FTIS. Penghargaan juga diberikan kepada jurnal Fakultas Hukum (FH) Veritas et Justicia yang menjadi satu-satunya jurnal Unpar saat ini yang terakreditasi SINTA 2.

Apresiasi bakti pegawai

Tidak sedikit pegawai dan dosen Unpar yang telah berkarya dalam jangka waktu yang panjang, bahkan hingga puluhan tahun. Atas dedikasinya ini, para insan Unpar mendapatkan penghargaan dari universitas. Penghargaan disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Modal Insani dan Kemahasiswaan, Dr. Paulus Sukapto.

Penghargaan diberikan kepada dosen luar biasa dengan masa bakti diatas 10 tahun. Mereka adalah Markus Tanubrata, S.T., M.M., M.T. (FE, 10 tahun), A.H. Djojoadikusumo, Drs.,M.Si. (FISIP, 20 tahun), H. Suherman Sudar, Ir., MT (FT, 20 tahun), Albertus Hengky Purnomo, Ir. (FT, 25 tahun), Sena Tenoria, Ir.,IAI (FT, 25 tahun), Ir. Florentinus Setiyono Wibowo (FT, 30 tahun), Gerarda Rosana, Ir. (FT, 30 tahun), David Bambang Soediono, Ir., IAI. (FT, 30 tahun), serta Subagio Santoso, Ir. (FT, 30 tahun)

Penghargaan juga diberikan oleh dosen tetap dan tenaga kependidikan Unpar yang telah mengabdi selama 30 tahun. Para penerima penghargaan adalah Dr. Anne Safrina Kurniasari, S.H., LL.M. (Dosen FH), Churiah Agustini Santoso, Ir., MSIE. (Dosen FTI), Dr. Fransisca Mulyono, Dra., M.Si. (Dosen FISIP), Dr. Margaretha Banowati Talim, Dra., M.Si. (Dosen FISIP), Susanta Harjani (Tendik FTI), Budiningsih (Tendik BIKEU), Venantius Gatut Harijoso (Tendik LPPM), Sumardi Y.S. (Tendik BUT), dan Heribertha M. Nuris Esti Pratiwi (Tendik KSR).

Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat komunitas Unpar untuk terus berkembang bagi kemajuan institusi dan masyarakat umum.