Home / Berita Terkini / Pemelajar BIPA Unpar Ikuti Pelatihan Balai Bahasa Jabar

Pemelajar BIPA Unpar Ikuti Pelatihan Balai Bahasa Jabar

Pada Rabu dan Kamis, 13-14 November 2019, Balai Bahasa Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Jawa Barat. Tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut adalah “Pengenalan Bahasa dan Budaya Indonesia”. 

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Grand Pacific, Bandung ini diikuti oleh 36 pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dari beberapa universitas di Bandung dan sekitarnya, yaitu Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Padjajaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Institut Teknologi Bandung, serta Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati. 

Para peserta berasal dari berbagai belahan dunia; Perancis, Belanda, Burundi, Timor Leste, India, Thailand, Jepang, dan negara-negara lain yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. Pelatihan diisi oleh dosen-dosen BIPA dari berbagai instansi di Bandung, antara lain Drs. Umar Solikhan, M.Hum, Drs. Umar Solikhan, M.Hum, Eka Rahmat Fauzy, M.Pd, Kristining Seva, M.Pd, dan Dr. Muhammad Adji, M.Hum. 

Pada kegiatan ini, pemelajar BIPA diperkenalkan pada kebijakan bahasa dan keterampilan-keterampilan kunci dalam berbahasa. Pokok pelatihan berfokus pada keterampilan membaca, berbicara, dan menulis. Kegiatan dua hari ini diharapkan dapat meningkatkan antusiasme pemelajar dalam belajar Bahasa Indonesia dan memperkaya kemampuan bahasa mereka. (/DAN)