Home / Berita Terkini / Peluncuran dan Bedah Buku Eksistensi Candi

Peluncuran dan Bedah Buku Eksistensi Candi

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) mengadakan kegiatan Peluncuran dan Bedah Buku Eksistensi Candi, pada (25/8) lalu di Gedung PPAG Unpar. Acara tersebut dihadiri oleh mahasiswa dan juga para akademisi. Beberapa peserta bahkan datang dari sejumlah kota di luar Bandung, seperti Jakarta.

Unpar telah sejak lama menjalin kerja sama dengan penerbit buku Kanisius dalam mempublikasikan berbagai buku. Kanisius telah menerbitkan beragam buku mulai dari kajian filsafat hingga buku pembelajaran fisika yang ditulis oleh dosen-dosen Unpar. Sebagai produk terbaru hasil kerja sama tersebut, buku Eksistensi Candi: Sebagai Karya Agung Arsitektur Indonesia di Asia diluncurkan.

Pembahasan buku dipandu oleh Ir. Sutrisno Murtiyoso M.T sebagai moderator. Sesi awal dibuka oleh Dr. Rahadian Prajudi Herwindo dan Dr. Yuswadi Saliya yang membedah tentang bagaimana candi-candi di Indonesia sebagai bentuk tradisi arsitektur yang kuat.

“Sekarang ini, pengaruh (gaya dan teknik arsitektur) dari luar semakin gampang sekali diterima. Padahal zaman dulu kita selalu punya keunikan sendiri yang digabung dengan pengaruh luar. Lihat saja candi yang merupakan konsep asli India, tetapi kalau di sini punya elemen-elemen khas Indonesia,” jelas Ir. Sutrisno merangkum pembahasan.

Diskusi mengenai hal-hal yang lebih teknis kemudian dilanjutkan oleh Prof. Dr. Josef Prijotomo dan Prof. Totok Roesmanto.

Acara tersebut juga diisi dengan sesi diskusi dan tanya-jawab dengan para hadirin. Ketika acara selesai, lapak milik Kanisius yang menjual buku-buku tersebut diserbu hadirin yang sangat berminat membeli buku yang dibahas serta buku-buku lain terbitan Kanisius.