Peluncuran Buku “Perang Global Melawan Covid-19”

Masyarakat internasional tengah giat memerangi pandemi Covid-19. Kolaborasi global ini terlihat tidak hanya dalam perumusan dan kebijakan nasional, namun juga dalam bentuk diplomasi dan kerjasama untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi, baik pada level negara, kawasan, maupun global.

Topik ini dirangkum dalam buku “Perang Global Melawan Covid-19” yang diluncurkan pada Senin (1/2/2021) di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Katolik Parahyangan (FISIP Unpar). Buku ini berisi karya tulis pemikiran mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Hubungan Internasional Unpar. 

Acara yang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan ini dihadiri secara langsung oleh penyusun buku sekaligus Kepala Program Studi Sarjana Ilmu Hubungan Internasional (HI) Sukawarsini Djelantik, Ph.D. Turut hadir dalam acara ini Dekan FISIP Unpar Pius Sugeng Prasetyo, Ph.D, yang didampingi para wakil dekan, yakni Dr.Phil. Aknolt Kristian Pakpahan,  Theresia Gunawan dan Jessica Martha.

Dalam presentasinya, Sukawarsini Djelantik menyampaikan tujuan penyusunan buku. Ia berharap agar tulisan-tulisan yang dimuat menjadi sejarah dan rekam jejak untuk menjelaskan respons global menghadapi bencana kemanusiaan. 

Lebih lanjut. karya ini diharapkan dapat menjadi referensi, catatan sejarah, dan bahan pembelajaran mengenai upaya-upaya masyarakat global menghadapi bencana.  Apalagi, pandemi global seakan berulang dalam waktu sekitar 100 tahun sekali dengan ditandai flu Spanyol yang terjadi pada tahun 1917.

Adapun peluncuran buku ini melanjutkan Diskusi dan Bedah Buku yang telah diadakan pada 11 Desember 2020. Diskusi tersebut menghadirkan Duta Besar Andy Rachmianto (Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia), Awandha Mamahit (Manajer Operasional COVID-19 Partners Platform World Health Organization), Arfin Sudirman (Dosen Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran-Bandung) dan Sheenika Briana Widjaja selaku perwakilan penulis. 

Buku “Perang Global Melawan Covid-19” sangat relevan dengan kondisi saat ini. Dengan situasi dunia yang masih menghadapi pandemi yang berkepanjangan dengan berbagai dampak dari segi kesehatan, ekonomi, lingkungan, dan sosial-kemasyarakatan, buku ini dapat memberi wawasan serta perspektif yang menarik. (/DAN – Divisi Publikasi. Sumber: Rilis HI Unpar)