Home / Berita Terkini / Pelatihan Pembuatan Bank Soal, Kuis, dan Pembuatan Grup
Bank soal

Pelatihan Pembuatan Bank Soal, Kuis, dan Pembuatan Grup

Pendidikan menjadi salah satu aspek kehidupan yang mengalami perkembangan arus teknologi dan informasi yang semakin canggih. Instansi pendidikan seperti Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) pun didorong untuk terus menciptakan inovasi agar dapat mengikuti perkembangan zaman yang ada. Interactive Digital Learning Environment (IDE) menjadi sistem baru yang diterapkan Unpar guna mengikuti perkembangan teknologi pembelajaran yang serba cepat.Bank soal

Kemunculan IDE di Unpar tentunya memengaruhi setiap elemen di lingkungan universitas untuk lebih mengenal dan pandai dalam menjalankannya, khususnya bagi para tenaga pengajar dan mahasiswa yang menjadi subjek serta objek dalam proses pembelajaran. Setiap tenaga pengajar diberikan pelatihan dasar agar mampu menjalankan IDE dengan baik. Dosen maupun mahasiswa dapat menggunakan IDE untuk mempermudah dalam pemberian materi perkuliahan maupun menjadi metode baru bagi dosen dalam menyelenggarakan tes atau ujian.

Pelatihan IDE diadakan oleh Pusat Inovasi Pembelajaran (PIP) Unpar pada Jumat (14/7) bertempat di ruang LPPM Unpar. Beberapa tenaga pengajar dari Fakultas Teknik dan Fakultas Hukum berharap agar sistem IDE dapat diterapkan dalam proses perkuliahan. Erwinna Chendra S.SI, M.SI yang merupakan salah satu pengajar dari Fakultas Teknologi Informasi dan Sains (FTIS) menjadi pemandu dalam pelatihan tersebut.

Erwinna menjelaskan beragam bentuk pembuatan soal seperti multiple choice, true or false, essay, short answer, dan lainnya. Mengenai tahapan-tahapan untuk mempermudah dalam mengadakan kuis atau ujian, beliau menyarankan untuk langkah pertama membuat bank soal yang telah dibagi menurut bab-bab dari mata kuliah. Langkah berikutnya, dosen hanya memasukan soal dari bank soal ke dalam section kuis atau ujian dengan sebelumnya mengatur waktu pelaksanaan.