Home / Berita Terkini / Parahyangan English Debate Society Raih Gelar Juara di Lomba Debat Regional

Parahyangan English Debate Society Raih Gelar Juara di Lomba Debat Regional

Berdebat adalah sesuatu yang sering dilakukan oleh setiap elemen masyarakat yang ada. Meskipun terkesan negatif atau kasar tetapi bila dilakukan dengan metoda serta dalam aturan yang tepat, berdebat dapat menajamkan kemampuan berpikir serta mengolah pemikiran kritis, dan juga memperluas pemahaman kita lebih dari bidang yang biasa kita tekuni. Salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) yaitu Parahyangan English Debate Society (PEDS) merupakan kelompok mahasiswa yang kerap meraih prestasi di bidang tersebut.

National University Debating Champsionship (NUDC) adalah ajang kompetisi debat nasional yang diselenggarakan oleh badan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis). Kompetisi yang sangat intens serta prestisius ini biasa diikuti oleh berbagai universitas swasta termasuk beberapa universitas negeri yang diundang seperti ITB dan UNPAD. Dengan kompetitor yang sedemikian kuat, maka pencapaian Axel Oktarino Chandra (Teknik Sipil 2015) dan Felicia Evelyn Salim (Hubungan Internasional 2015) dalam NUDC 2018 menjadi sebuah kebanggaan. Mereka berhasil meraih juara kedua di dalam perlombaan tersebut setelah menyisihkan berbagai kompetitor yang tangguh.

Penyerahan sertifikat juara dilakukan pada tanggal 21 Mei 2018. Axel dan Felicia diundang untuk menghadiri upacara bersama di Lapangan Kopertis sebelum diapresiasi melalui penyerahan sertifikat juara.

“Bangga banget karena kita berhasil mempertahankan gelar dari tahun lalu,” komentar Axel saat diwawancara oleh Tim Publikasi Unpar. “Tahun lalu, Ian dan Jen (Revian Wirabuana – Arsitektur 2015, dan Jeanne Sanjaya – HI 2013) juga juara di lomba ini.. So I’m proud to keep our position as champion,” tambahnya.

Unpar meraih sejumlah prestasi di perlombaan yang diadakan oleh Kopertis wilayah IV (Jawa Barat) selama beberapa tahun. Sejak 2009, Unpar beberapa kali mengirimkan delegasi yang sukses menembus kualifikasi nasional.

“Sebagai hadiahnya, kita nanti disponsorin sama Kopertis untuk lomba nasional ke Universitas Brawijaya Malang,” tutur Felicia.