Home / Berita Terkini / Pacivic Trident Meraih Prestasi dalam CIVEX ITS 2019
Tim Pacivic Trident beserta Sponsor Lomba GEC - CIVEX 2019 dari Geosistem

Pacivic Trident Meraih Prestasi dalam CIVEX ITS 2019

Tim Pacivic Trident mahasiswa Teknik Sipil Unpar berhasil meraih prestasi dalam ajang Civil Expo (CIVEX) 2019 yang diselenggarakan di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya awal Oktober lalu. Tim yang terdiri dari Fendy, Angelina Priscillia Pradana dan Steven Winata ini berhasil mendapatkan Juara 2 pada Lomba Geotechnical Engineering Competition (GEC) lewat bimbingan dari Budijanto Widjaja, Ph.D.

Pada kegiatan bertema “Innovation Planning in Soil Improvement” ini, Tim Pacivic Trident menjawab tantangan berupa studi kasus perencanaan badan jalan tol, dengan panjang 3,5 kilometer dan elevasi bervariasi antara dua hingga sembilan meter. Melalui analisis likuifaksi, stabilitas timbunan dan tahapan konstruksi, tim memilih metode perbaikan tanah preloading yang dikombinasikan dengan PVD dan dynamic compaction.

Setelah lolos ke babak final, tim beserta sembilan finalis lainnya diundang ke Surabaya untuk memperoleh matrikulasi dan melakukan peninjauan lapangan di Perumahan Pakuwon City. Dari wawasan yang diperoleh, para finalis diberi waktu 24 jam untuk menyelesaikan makalah dan mempresentasikan hasil analisis mereka.

Tim Pacivic Trident berharap rekan-rekan mahasiswa Teknik Sipil Unpar dapat menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti lomba-lomba. “Dari lomba ini kami memperoleh pengalaman yang luar biasa karena dapat mengerjakan proyek secara langsung dalam waktu yang terbatas, dan dalam dunia kerja waktu menjadi faktor penentuan dalam suatu keberhasilan proyek,” kata Tim Pacivic Trident melalui rilis yang diterima oleh Tim Publikasi Unpar. “Selain itu, kami juga dapat menambah relasi dengan rekan-rekan dari perguruan tinggi teknik sipil lainnya. Suatu kebanggaan dapat membawa nama Unpar serta mengharumkan almamater.”

CIVEX ITS 2019 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sipil ITS, yang terdiri dari berbagai mata acara dan lomba seperti GEC. Peserta lomba merupakan mahasiswa teknik sipil dari seluruh Indonesia, yang telah mengikuti babak penyisihan mulai awal Agustus 2019, hingga tahap final di Surabaya pada tanggal 2-6 Oktober 2019. (/DAN)