Home / Berita Terkini / PACIS Unpar and CARIFS Yonsei Menyelenggarakan Seminar Internasional

PACIS Unpar and CARIFS Yonsei Menyelenggarakan Seminar Internasional

Parahyangan Center for International Studies (PACIS) dan Center for Advanced Research in Integrated Future Society (CARIFS) Universitas Yonsei, Korea Selatan, bekerjasama dalam menggelar seminar internasional bertajuk “Cooperation and Integration in Asia”. Seminar diselenggarakan pada Jumat (31/01/2020) di Kampus FISIP Unpar.

Diskusi menghadirkan Prof. Lee Seunghyun, peneliti National Assembly Research Center di Korea Selatan, yang membawakan makalah berjudul “Pengaruh Perubahan Persepsi Nasionalisme di Kalangan Generasi Muda terhadap Reunifikasi Korea”. Dalam presentasinya, Prof. Lee membahas bagaimana reunifikasi yang sebelumnya dipersepsikan sebagai “keharusan” (necessary) di kalangan generasi tua, telah berubah menjadi pilihan (optional) di kalangan generasi muda. 

Selain Reunifikasi Korea, berbagai isu hubungan internasional yang tengah terjadi di kawasan Asia Timur, seperti Belt and Road Initiative (BRI), diplomasi Indonesia terhadap Organisasi Papua Merdeka (OPM), dan proses adaptasi para siswa asal Mindanao di Aceh turut dibahas dalam seminar ini.

Acara ini merupakan bentuk peningkatan kerjasama antara PACIS Unpar dengan CARIFS Yonsei dalam berbagai bidang, termasuk penelitian, publikasi, penyelenggaraan konferensi, dan program-program pertukaran budaya. Hal ini dikukuhkan melalui penandatanganan MoU antara PACIS dan CARIFS, oleh Direktur PACIS Dr. Sukawarsini Djelantik dan Direktur CARIFS Dr. Ko Sangtu.

Penyelenggaraan acara ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mengenai masalah-masalah yang dihadapi pemerintah dan masyarakat di kawasan Asia Timur. Selain itu, kerjasama yang dipererat diharapkan dapat melahirkan karya-karya penelitian yang lebih berkualitas, memunculkan topik-topik yang semakin kaya pembahasannya, dan dapat menggelar konferensi yang melibatkan semakin banyak peserta internasional. (/MGI, DAN)