Home / Berita Terkini / Olah Ulang Formulasi Bisnis Via Daring Era New Normal

Olah Ulang Formulasi Bisnis Via Daring Era New Normal

Pada Kamis (25/6/2020), Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Katolik Parahyangan (BKA UNPAR)  mengadakan Webinar kedua bertajuk “Olah Ulang Formulasi Bisnis Via Daring Era New Normal”. Kegiatan ini dibawakan oleh Basuki Setyohadi dari BKA UNPAR dan menghadirkan Valentinus Yanuar Riyadi sebagai pembicara. 

Beliau adalah alumni UNPAR program Arsitektur 1992 dan sekarang merupakan owner dari PT. Citra Web, Founder Fotografer semenjak tahun 2000. Sebelum menggeluti profesi yang tengah Ia jalani, Valens pernah bekerja secara remote untuk perusahaan IT di Amerika sebagai web programmer satu tahun sebelum lulus UNPAR. Setelah lulus, Ia bekerja untuk Plasmedia Jakarta sebagai programmer. Selain itu beliau juga pernah bekerja di Enterweb LLC, North Carolina, Amerika Serikat.

Bisnis di Tengah Pandemi

Dalam dunia bisnis tidak pernah terbayangkan akan terjadi hal seperti saat ini. Bisnis sepi konsumen dan tidak banyak yang dapat dilakukan secara fisik. Cara berperilaku berbisnis menjadi berbeda dan kita tidak pernah tahu efek kedepannya. Dampaknya ini dirasakan semua lini bisnis. Sekolah dan perguruan tinggi pun masih belum siap menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh. Dari lini pariwisata banyak dilakukan PHK. 

Banyak sekali bidang usaha yang tidak cocok dijalankan pada masa pandemi seperti ini. Contohnya industri hiburan, mulai dari penyelenggara pentas (EO) hingga para pegiat seni seperti penyanyi. Namun ada pola bisnis baru yang diuntungkan pada masa pandemi. Contohnya bisnis sepeda yang membludak seperti terlihat di media. Masyarakat berbondong-bondong membeli sepeda untuk mengisi kesuntukan akibat Work From Home (WFH). 

Industri internet mungkin terlihat dari luar sedang booming, namun banyak perusahaan besar yang memutus bandwith dengan jaringan internet karena sedang dilakukan WFH. Terlihat booming karena banyak home user yang baru berlangganan. Internet sekarang merupakan pendukung tak terpisahkan dengan bisnis.

Menyikapi Perubahan Era New Normal

Perilaku bisnis pun harus berubah. Kita hendaknya mulai belajar bagaimana bisa berkomunikasi secara online dengan efektif dan efisien. Saat WFH kita bebas untuk bekerja dalam waktu yang kita inginkan (tidak terikat dalam jam kerja), kecuali jika ada meeting yang sudah ditentukan waktunya. Menjadi sebuah pertaruhan besar di dunia bisnis, apakah WFH lebih efisien atau tidak efektif. Mungkin saja setelah pandemi usai, karyawan tidak perlu masuk ke kantor setiap hari. Platform web video conference adalah media yang sekarang digunakan sehari-hari dan bagi sebagian bisnis dirasa efektif padahal sebelum adanya pandemi jarang bahkan tidak pernah digunakan.

Cerminan dari perubahan perilaku bisnis sudah dapat dilihat pada berbagai sektor. Restoran dan hotel lebih berfokus kepada delivery dan drive-thru makanan. Dapat dipelajari bahwa mereka cermat untuk melihat peluang bisnis baru. 

Valens menuturkan, akan ada pola hidup yang berubah, tentunya tidak bisa disamakan seperti sebelum pandemi. Dengan pola kerja WFH kita dapat merekrut orang dari manapun, tidak harus dekat dengan kantor atau satu kota. Jarak menjadi lebih pendek. Dulu hal ini tidak pernah mau dicoba tetapi nyatanya sekarang dilakukan dan sangat mungkin akan berubah kedepannya. Cara berbisnis makanan contohnya, tidak perlu secara fisik (mempunyai meja, kursi, dan kios dagang) karena sekarang ada platform delivery secara online. Dapat dilihat banyak platform jual-beli online yang dirasa lebih efektif dan efisien untuk jual-beli barang dibandingkan mendatangi toko. Intinya terletak pada cara kita menyikapi sebuah perubahan secara positif. (JNS/DAN – Divisi Publikasi)