Home / Berita Terkini / Nuansa Tradisional dalam Dunia Digital di Karnival Vol. V
  • Pembunyian Celentung menandai dibukanya Karnival Vol. V di Paris Van Java Mall, Jumat (29/11) (Dok.Karnival)

  • Mahasiswa-mahasiswi DIII Manajemen Perusahaan Unpar yang terpilih sebagai Duta Vokasi Unpar (Dok.Karnival)

  • Para pemenang Kompetisi Bisnis yang diselenggarakan dalam Karnival Vol. V (Dok.Karnival)

  • Panitia berfoto bersama Manshur Angklung, performance kolaborasi antara seni tradisional angklung dengan sentuhan musik EDM (Dok.Karnival)

Nuansa Tradisional dalam Dunia Digital di Karnival Vol. V

Program Studi DIII Manajemen Perusahaan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) kembali menyelenggarakan kegiatan Karnival Vol. V dengan tema “Digiomosphere” atau Digital Era in Traditional Atmosphere pada tanggal 29 November sampai dengan 1 Desember 2019 di Curug Langit, Sky Level 1, Paris Van Java, Bandung. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jawa Barat serta Program Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa dan Alumni Berbasis Teknologi Program Studi DIII Manajemen Perusahaan Universitas Katolik Parahyangan. 

Karnival merupakan salah satu kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun oleh Program Studi DIII Manajemen Perusahaan UNPAR. Adapun tujuan dari kegiatan Karnival yaitu menjadi salah satu wadah meningkatkan entrepreneurial skills dan Brand Awareness melalui pameran bisnis, usaha atau produk. 

Pameran ini diikuti mahasiswa kelas Kewirausahaan Program Diploma, para alumni yang telah memiliki usaha, mahasiswa program studi lainnya di Unpar, serta para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya Bandung dan sekitarnya. Pada akhir acara dipilih pemenang untuk bisnis terbaik berdasarkan kategori yang telah ditetapkan dewan juri. Selain pameran bisnis, para peserta atau pengunjung dapat menambah wawasan dan pengalaman mengenai entrepreneurship dari para pembicara handal.

Hari pertama dibuka dengan performance alat musik tradisional “celentung” hasil inovasi masyarakat Kampung Selaawi, Garut. Kemudian dilanjutkan pembukaan oleh Ibu Lilian Danil, SE., MM selaku Ketua Pelaksana, Ibu Nina Septina, SP., MM selaku Ketua Program Studi DIII Manajemen Perusahaan, Ibu Dr. Budiana Gomulia, Dra., MSi selaku Dekan Fakultas Ekonomi, dan Romo C. Harimanto Nugroho, OSC, Drs., SLL selaku Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni. 

Tidak hanya jajaran internal program studi hingga universitas saja yang memberikan sambutan tetapi juga Bapak Ridwan Effendi, SSTP., MSi selaku Camat Selaawi Garut serta Ibu Noneng Komara Nengsih, SE., MAP selaku perwakilan dari Gubernur dan Dekranasda Jawa Barat turut memberikan Keynote Speech pada Karnival Vol. V. 

Beragam mata acara menarik dihadirkan pada penyelenggaraan hari pertama dan kedua. Salah satunya adalah talkshow mengenai digital marketing dan creativepreneur yang sangat mengedukasi dan menginspirasi mahasiswa, alumni, pelaku UMKM dan juga khalayak umum. Selain itu, dihadirkan pula performance dan talkshow dari Prastiwi Dwiarti (Tiwi eks T2) dan Rieka Roeslan (D Groove) serta kompetisi fashion show, zumba, dance, melukis payung kertas, membuat hiasan clay dan turnamen Mobile Legend. Ajang ini juga diisi dengan pemilihan Duta Vokasi Unpar.

Pada hari ketiga dilaksanakan talkshow oleh Dr. Mohammad Amin, M.Sn., M.A selaku Kepala Subdit Edukasi Ekonomi Kreatif untuk Publik, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia. Beliau mengapresiasi kegiatan Karnival Vol. V, yang disebutnya luar biasa dan selaras dengan tujuan Bekraf. Para peserta pun sangat antusias mengajukan pertanyaan mengenai perkembangan ekonomi kreatif khususnya di Jawa Barat. 

Acara ditutup dengan penampilan dari Manshur Angklung yang merupakan perpaduan alat musik Angklung dengan EDM. Diharapkan seluruh rangkaian Karnival Vol. V ini dapat bermanfaat bagi banyak pihak dan dapat meningkatkan kreativitas, khususnya bagi Masyarakat Jawa Barat. (LD/DAN)