Home / Berita Terkini / National Seminar 2018: Semangat Nasionalisme dalam Karya

National Seminar 2018: Semangat Nasionalisme dalam Karya

Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi (HMPSA) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) kembali mengadakan Seminar Nasional. Tahun ini, nasionalisme menjadi tema besar yang diusung dalam rangkaian seminar yang diselenggarakan pada Kamis (1/3) di Ballroom Harris Hotel and Convention Ciumbuleuit, Bandung. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 300 orang peserta, baik yang merupakan mahasiswa Unpar maupun yang berasal dari kalangan umum.

Rangkaian seminar bertajuk “Merdeka dalam Berkarya, Melangkah untuk Indonesia” ini mengundang lima orang pembicara ahli yang sudah membuktikan karyanya bagi bangsa, yaitu Taofan Wijaya (Pendiri Komunitas Jendela), Hanna Keraf (Perintis Du’Anyam), William Budiman (Psikolog dan Motivator), Kevin Hendrawan (Youtuber dan Entertainer), serta Ayu Gani (Pemenang Asia’s Next Top Model siklus ketiga). Selama sehari penuh mereka membagikan inspirasi, pengalaman dan wawasan mereka akan nasionalisme.

Tema nasionalisme, menurut Katarina Niken selaku ketua pelaksana National Seminar 2018, dianggap sebagai isu penting saat ini, khususnya di kalangan pemuda dan mahasiswa. “Nasionalisme yang ada di kalangan pemuda mulai pudar,” tuturnya. Seminar nasional ingin mengajak kaum pemuda untuk menunjukkan kepedulian untuk membangun negeri. Hal ini juga yang mendasari pemilihan pembicara dalam kegiatan seminar ini. “Jadi kami memilih profesi yang berbeda-beda,” lanjutnya, menerangkan bahwa setiap pembicara mampu menunjukkan kepedulian dan semangat nasionalisme lewat karyanya masing-masing.

Kegiatan seminar sendiri dibagi ke dalam tiga sesi. Dua sesi pertama diisi oleh sesi seminar motivasional yang dibawakan oleh William Budiman, dilanjutkan oleh Kevin Hendrawan. Sedangkan sesi ketiga diisi dengan gelar wicara, di mana Taofan Wijaya, Hanna Keraf dan Ayu Gani akan berbagi pengalaman dan pandangan mereka. Setiap peserta tidak hanya mendapat kesempatan untuk menambah wawasan, namun juga berinteraksi langsung dengan para narasumber.

Amelia Setiawan Wakil Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Unpar, mengutarakan harapannya agar kegiatan seminar ini mampu menumbuhkan kepedulian pemuda bagi bangsanya. “Semoga setiap orang menyadari perannya; perannya untuk dirinya sendiri, perannya untuk keluarganya, perannya di lingkungannya dan tentu saja perannya untuk Indonesia dan dunia,” katanya. Hal ini serupa dengan apa yang diungkapkan Niken mewakili panitia penyelenggara, yang berharap agar kegiatan ini, “bisa menumbuhkan rasa nasionalisme itu sendiri.”