Home / Berita Terkini / Mudah Belajar Bahasa Inggris Lewat TeachCast

Mudah Belajar Bahasa Inggris Lewat TeachCast

Kemampuan Bahasa Inggris yang baik telah menjadi kebutuhan setiap orang saat ini. Sebagai bahasa global, semakin banyak orang yang terdorong untuk menguasai bahasa tersebut dengan baik. Berbagai metode tersedia untuk membantu seseorang mempelajari Bahasa Inggris. Salah satunya adalah metode TeachCast, yang dikembangkan oleh Oxford University Press, Inggris. Metode ini melatih kemampuan berbicara siswa melalui percakapan nirkabel langsung dengan pengajar dari Amerika Serikat.

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), bekerja sama dengan Indomobil, kini memperkenalkan TeachCast with Oxford kepada mahasiswa, dalam kegiatan “Sosialisasi & English Trial Test TeachCast”. Dalam kegiatan ini, mahasiswa dipersilakan untuk menjajal placement test secara gratis, serta mengikuti metode belajar tersebut. Kegiatan dipusatkan di Lobby Rektorat, Kampus Unpar Ciumbuleuit.

Antusiasme mahasiswa sangat terasa, terlihat dari banyaknya jumlah mahasiswa yang mengikuti setiap sesi sosialisasi. Terlebih, mahasiswa langsung menjajal sistem pembelajaran real-time bersama pengajar yang berasal dari Amerika Serikat yang telah mengantongi sertifikat Teaching of English as a Second Language (TESL). Selama pelaksanaan acara, mahasiswa dapat mengikuti satu di antara empat sesi berkapasitas 80 orang, dengan materi Placement Test dan Trial Live TeachCast.

Ditemui tim publikasi pada Rabu (20/9), President Director PT. Indomobil Edukasi Utama, Gerry Kertowidjojo, menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi sarana bagi generasi muda, khususnya mahasiswa, untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja yang semakin mengglobal. “Kita mempersiapkan di level Conversational English,” jelasnya. Dengan menguasai percakapan Bahasa Inggris, setiap individu mampu merepresentasikan dan bernegosiasi dalam perusahaan multinasional secara baik.

Berbicara mengenai Unpar sebagai salah satu sasaran program tersebut, Gerry menjelaskan bahwa Indomobil telah lama berkolaborasi baik dengan kampus ini. “Kita ingin agar Unpar lebih maju lagi dalam kesiapan di komunitas internasional,” lanjutnya. Selain itu, lulusan Unpar yang berkualitas akan lebih berkembang di skala internasional, bila berani berbicara aktif Bahasa Inggris, seperti yang ia tuturkan, “Banyak kandidat yang pintar, tapi mereka stuck pada satu level, karena conversational english.” Program ini tidak lain dibuat untuk menghasilkan kandidat yang memiliki level  fluency and confidence yang tinggi.

Sebagai salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Indomobil, pihak Indomobil Edukasi Utama berencana akan menyebarkan program tersebut ke seluruh pelosok Indonesia, salah satunya melalui sekolah-sekolah, sehingga akan lebih banyak orang yang mendapatkan ilmu percakapan Bahasa Inggris yang baik dan berkualitas.