Home / Berita Terkini / Monitoring dan Evaluasi Program Darmasiswa Kemendikbud (BIPA Unpar) 2018

Monitoring dan Evaluasi Program Darmasiswa Kemendikbud (BIPA Unpar) 2018

Lembaga Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing Universitas Katolik Parahyangan (BIPA Unpar) menerima kunjungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), pada Senin (10/12/2018) di Gedung Rektorat Unpar. Agenda kegiatan dalam kunjungan tersebut yakni monitoring dan evaluasi program Darmasiswa BIPA Unpar tahun 2018.

Sebelumnya, pada akhir September lalu, BIPA Unpar menerima kunjungan Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (PPSDK Kemdikbud) dalam rangka “Diseminasi Materi Ajar BIPA Berbasis Sastra Indonesia”.

Acara ini dihadiri oleh Anak Agung Ayu Suryawati (Ayu) Penanggungjawab Program Darmasiswa Kemendikbud, perwakilan tim BIPA Unpar di bawah koordinasi Kristining Seva SS,MPd; Dr. Orpha Jane Wakil Rektor Bidang Sumber Daya; Dr. Budi Husodo Bisowarno Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerja Sama; Monacella Ella Kosasih Wakil Kepala BPMI; serta Dr. Maria Widyaningrum dosen FISIP Unpar.

Kristining Seva mempresentasikan laporan hasil kegiatan belajar mengajar BIPA Unpar periode 2018. Laporan tersebut meliputi evaluasi kegiatan belajar mengajar BIPA, beragam agenda kegiatan pembelajaran, kegiatan pengenalan budaya Indonesia seperti lokakarya membatik dan membuat jamu, kegiatan ekstrakurikuler bersama UKM Lingkung Seni Tradisional (Listra) Unpar, gladi sosial, serta program magang peserta BIPA. Selain itu, ia juga memaparkan  mengenai fasilitas, kendala yang dihadapi tim BIPA selama pembelajaran, hingga rencana kegiatan BIPA Unpar tahun 2019 mendatang.

Dalam kunjungan tersebut, Ayu juga berkesempatan mengunjungi ruang kelas BIPA Unpar. Adapun ruangan belajar  BIPA Unpar berjumlah 3 kelas dengan jadwal belajar dari Senin sampai Jumat.

Pada hari yang sama, tim BIPA Unpar mengadakan acara internal yaitu evaluasi belajar peserta ajar. Hasil evaluasi pembelajaran BIPA yakni rapor (salinan) akan dibagikan kepada para peserta ajar sedangkan rapor (asli) akan diserahkan kepada pihak Kemdikbud dan Dikti. Rangkaian acara juga diisi dengan sesi tukar kado dan ramah tamah.