Home / Alumni / Moeldoko Sarankan Mahasiswa Salurkan Nilai Pancasila Kekinian

Moeldoko Sarankan Mahasiswa Salurkan Nilai Pancasila Kekinian

JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan bahwa ada tiga prinsip Pancasila yang wajib diterapkan oleh setiap masyarakat Indonesia, yaitu nilai filisofis, nasionalis dan pragmatis. Ketiga nilai ini harus ditularkan kepada kaum muda dengan cara yang kekinian.

“Sudah tidak bisa lagi di zaman yang serba cepat dan modern ini, kita masih menggunakan metode lama dalam mengenalkan kembali arti Pancasila yang sesungguhnya,” kata Moeldoko saat menerima Rektor Universitas Parahyangan Mangadar Situmorang di ruang kerja Kepala  Staf Kepresidenan Moeldoko, Selasa, 7 Agustus 2018.

Moeldoko menekankan, menyiasati memudarnya nilai Pancasila di kalangan para pemuda adalah dengan mengikuti apa yang sedang mereka senangi. Salah satu upaya nyata pemerintah menyikapi hal ini adalah dengan membentuk BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila). “Dalam hal ini BPIP sudah menyusun konsep atau metode sedemikian rupa agar nilai Pancasila kembali eksis di kalangan anak muda,” kata Panglima TNI 2013-2015 itu.

Dicontohkan Moeldoko, banyak metode pembelajaran yang dapat diterapkan, di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, upaya yang bisa dilakukan cukup meragam misalkan mulai dari membuat vlog yang menyiratkan nilai-nilai Pancasila, atau melakukan digital learning, dan lainnya yang tentunya bisa diterima dan cukup familiar di kalangan generasi milenial.



Mangadar Situmorang memaparkan, Universitas Parahyangan membuktikan bahwa keberagaman agama justru dapat membuat ikatan persaudaraan kian erat. Ia menjelaskan, Universitas Parahyangan menggambarkan meskipun kampus Parahyangan adalah kampus katholik, namun mahasiswa yang diterima bukan eksklusif untuk kalangan tertentu. Keharmonisan antar mahasiswa dibuktikan dengan strukturasi di Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM).

“Setiap mahasiswa berhak menduduki jabatan di MPM tanpa melihat latar belakang agama, suku, dan Ras, yang penting punya visi misi untuk memajukan MPM Universitas Parahyangan,” kata Mangadar Situmorang.

 

Sumber: http://ksp.go.id/moeldoko-sarankan-mahasiswa-salurkan-nilai-pancasila-kekinian/