Home / Alumni / Misi Budaya Listra Unpar 2018

Misi Budaya Listra Unpar 2018

BANDUNG – Dengan semangat kaum muda dalam melestarikan kebudayaan Indonesia, Unit Kegiatan Mahasiswa Lingkung Seni Tradisional Universitas Katolik Parahyangan (UKM Listra Unpar) kembali akan mengadakan program Misi Budaya pada bulan Agustus 2018. Dalam kegiatan Misi Budaya 2018 mendatang, UKM yang bergerak di bidang seni tari dan musik tradisional Indonesia ini akan mengirim 20 delegasi untuk terbang ke benua Eropa, tepatnya ke negara Yunani. Sebelumnya, Listra Unpar pernah melakukan kegiatan serupa dengan mengunjungi Negara Turki (2013), Yunani (2014), dan Polandia (2015).

Selama lebih dari dua minggu berada di Yunani, Listra akan mengikuti beberapa gelaran acara, salah satunya The 56th Lefkas International  Folklore Festival di Kepulauan Lefkada, Yunani. Dalam keikutsertaannya di festival tersebut, Listra menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia dan juga Asia Tenggara. Beberapa tarian yang akan ditampilkan selama penyelenggaraan festival antara lain: Tari Medley Nusantara, Tari Truna Smara Sekar, Tari Merak, Tari Daranan Tanang Baupang, Tari Rampak Kendang, serta Tari Saman. Selain Listra Unpar, dalam festival yang diselenggarakan mulai tanggal 19–26 Agustus 2018 tersebut terdapat juga banyak kelompok kesenian yang berasal dari 10 negara lain yang turut berpartisipasi.

Disamping mengikuti festival budaya internasional, tim Listra juga akan menyambangi Kota Athena untuk memenuhi undangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Athena, sebagai penampil dalam acara Indonesian Cultural Night. Acara yang diselenggarakan pada 28 Agustus 2018 tersebut merupakan sebuah acara yang bertujuan sebagai sarana promosi kebudayaan Indonesia di luar negeri. Dalam acara Indonesian Cultural Night tersebut, tim Listra juga akan membawakan beberapa tari daerah antara lain Tari Topeng, Tari Cendawasih, dan Tari Ketuk Tilu.

Misi Budaya 2018 sendiri pada dasarnya merupakan suatu kegiatan yang tergabung dalam program kerja utama Listra bernama Wajah Nusantara. Selain Misi Budaya 2018, acara lainnya adalah Gelar Pamit 2018: Pesta, Rasa, Dansa dengan konsep pagelaran seni yang terdiri atas banyak tampilan tari dan musik daerah, serta berbagai jajanan khas Nusantara. Gelar Pamit 2018 itu sendiri akan dilaksanakan pada hari Minggu, 12 Agustus 2018 mendatang, sekaligus menjadi seremonial pelepasan bagi delegasi yang akan bertolak menjalankan misi budaya. (PAD)