Home / Berita Terkini / Menyongsong 65 Tahun Kiprah Fakultas Ekonomi

Menyongsong 65 Tahun Kiprah Fakultas Ekonomi

Kehidupan kita rasanya tidak pernah lepas dari persoalan dan fenomena ekonomi. Mulai dari aktivitas jual beli yang sehari-hari kita lakukan, hingga isu moneter dan fiskal yang lebih sering kita temukan di media. Perekonomian seakan jadi roda penggerak kehidupan manusia. Apabila roda gigi ekonomi berhenti, maka terhambatlah aktivitas kemasyarakatan kita.

Untuk mencegah roda perekonomian terhenti, diperlukan sumber daya insani yang unggul yang dapat berperan di dunia praktis maupun akademis. Hal inilah yang menjadikan pendidikan tinggi ekonomi menjadi semakin relevan saat ini. Pendidikan tinggi memperluas wawasan masyarakat, menciptakan pemikiran dan paradigma baru, juga mencetak generasi intelektual yang memiliki potensi membawa perekonomian ke arah yang lebih baik. Singkatnya, pendidikan tinggi berada pada posisi strategis dalam pembangunan ekonomi negeri.

Tidak salah bila bidang keilmuan pertama yang dibuka oleh Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) saat hampir didirikan 65 tahun yang lalu ialah pendidikan perniagaan. Akademi Perniagaan Parahiangan inilah yang menjadi cikal bakal Fakultas Ekonomi (FE) Unpar. Fakultas ini kini menaungi satu program diploma, tiga program sarjana, satu program magister serta satu program doktoral. 

Berkolaborasi mewujudkan keadilan

Dengan perkembangan dunia ekonomi saat ini, muncul paradigma baru dalam dunia ekonomi. Kini sumber daya utama perekonomian bukan lagi berasal dari alam, melainkan berdasar pada manusia dan nilai-nilai serta karakternya. Manusia yang memiliki daya kreasi dan rasa memberi warna baru dalam kegiatan perekonomian yang kolaboratif, bukan lagi melulu kompetitif. Salah satunya terlihat dari fenomena kewirausahaan kreatif yang saat ini tengah marak dalam masyarakat kita.

Dr. Budiana Gomulia selaku Dekan FE Unpar mengungkapkan bahwa tren kolaborasi dan kreativitas bisa menjadi salah satu solusi bagi pengembangan ekonomi berkelanjutan (sustainable economy). Ekonomi ini tidak lagi hanya berkutat pada pencapaian profit semata, tetapi juga bagaimana bersikap ‘adil’ bagi manusia lain, juga lingkungan. Hal ini tentu menjadi nilai positif dalam usaha kita untuk mencapai kemakmuran yang berkeadilan.

Peran akademisi untuk membumikan ilmunya bagi kemakmuran masyarakat semakin penting saat ini. Para akademisi dapat mewujudkan hal tersebut melalui kegiatan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Contohnya adalah kegiatan pengabdian yang diselenggarakan oleh Tim Ekonomi Pembangunan Unpar kepada komunitas petani di daerah Purwakarta. Melalui pembinaan pertanian organik, Unpar mendukung peningkatan kesejahteraan petani dengan menjawab tantangan pertanian konvensional menjadi peluang baru yang lebih menguntungkan dan berkeadilan.

Tidak ketinggalan, mahasiswa FE Unpar pun juga menunjukkan kepedulian mereka bagi kesejahteraan manusia maupun lingkungan. Dalam Menefesto 2019 yang melibatkan mahasiswa Manajemen Unpar, generasi muda mengkampanyekan gaya hidup hijau bagi masyarakat. Misalnya saja dengan memanfaatkan bahan baku maupun kemasan ramah lingkungan dalam produk kreasinya, juga menggaungkan semangat peduli lingkungan melalui pentas seni.

Menuju kancah global

Di sisi lain, iklim kompetitif terasa dalam berbagai aspek dunia global, termasuk dunia pendidikan ekonomi. Hal ini mendorong institusi pendidikan tinggi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga mampu menembus kancah global. Untuk menguji dan mempertahankan kualitas tersebut, salah satunya dibuktikan dengan proses akreditasi oleh institusi internasional yang kompeten di bidangnya. 

Program Studi Sarjana Akuntansi Unpar, sebagai bagian dari FE Unpar, menjadi satu dari 12 program studi akuntansi di Indonesia yang berhasil meraih akreditasi internasional dari ACCA. Akreditasi ACCA memberikan kesempatan bagi mahasiswa akuntansi untuk bergabung dengan organisasi akuntansi internasional ini. Lebih jauh lagi, lulusan Akuntansi Unpar juga berpeluang untuk meningkatkan jenjang karier mereka ke tingkat global.

Pendidikan berkualitas dalam bidang ekonomi akan memberikan dampak positif bagi kemajuan perekonomian bangsa. Dengan pendidikan berdasar value dan sesuai dengan tren masa kini, FE Unpar terus berkembang memberikan pengajaran bagi generasi muda akan pentingnya kolaborasi kreatif, kompetitif dan peduli, dalam membangun negeri dan mewujudkan kesejahteraan berkeadilan. (DAN)