Home / Berita Terkini / Menutup Short Course B2B Sales lewat Sales Competition
  • Peserta dan Narasumber Short Course B2B Sales Unpar berfoto bersama seusai Final dan Pengumuman Pemenang B2B Sales Competition pada Jumat (2/8)

  • Pemberian penghargaan kepada Juara Pertama B2B Sales Competition, Emily Yulibina

  • Proses penjurian B2B Sales Competition dilakukan oleh para pakar, praktisi, dan akademisi administrasi bisnis

Menutup Short Course B2B Sales lewat Sales Competition

Rangkaian Short Course Business to Business Sales (Short Course B2B) yang diselenggarakan selama satu minggu oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis akhirnya ditutup dengan B2B Sales Competition pada Jumat (2/8) di di ruang Mgr. Geise (Audio Visual FISIP Unpar). Sebelumnya, para peserta yang mengikuti Short Course B2B sudah dibekali dengan pembelajaran mengenai marketing, negosiasi serta peserta juga dipersiapkan untuk menjadi seorang sales force agar nantinya siap saat sudah memasuki dunia kerja.

B2B Sales Competition dibagi menjadi tiga tahap, tahap pertama adalah tahap kualifikasi yang diikuti oleh 10 kelompok yang beranggotakan masing-masing dua orang. Selanjutnya tahap semifinal diikuti oleh delapan orang yang dilanjutkan ke tahap final. Pada tahap final, empat orang terbaik akan memberikan penawaran menarik dan berusaha untuk melakukan closing dan sales pitching. Kompetisi Sales ini berbentuk sebuah role play yang bertujuan agar peserta dapat menggali kemampuan dirinya sendiri.

Ada 13 pakar sales dan marketing yang terdiri dari dosen dan praktisi yang menjadi juri pada B2B Sales Competition ini. Diantaranya adalah dosen dari Prodi Administrasi dan Prodi Manajemen Universitas Katolik Parahyangan, juga dosen dari universitas-universitas lain di Bandung seperti Universitas Widyatama, Telkom University, juga dua praktisi dari Dell dan PT. Datascrip.

“Acaranya sangat baik untuk level universitas, ini bisa menjadi persiapan masuk ke dunia bisnis setelah lulus dan pengalaman agar lebih siap untuk masuk ke dunia kerja. Harapannya semoga (kompetisi) bisa di expand dan diadakan terus setiap tahunnya karena memberikan manfaat untuk mahasiswa dan untuk hubungan Unpar dengan lembaga-lembaga di dunia marketing,” tutur Apriandy Marbun, Strategic Account Manager Dell Indonesia dan salah satu narasumber dalam B2B Sales Competition.

Praktisi lainnya yang menjadi narasumber dalam B2B Sales Competition adalah Jeffrey Susanto, Branch Manager PT. Datascrip, yang juga merupakan alumni Unpar. Menurutnya, kegiatan yang diadakan sangatlah positif dan memberikan koneksi antara universitas dan dengan dunia kerja agar mahasiswa mempunyai gambaran akan dunia kerja nantinya.

Tidak hanya itu, antusiasme dari para peserta juga sangatlah tinggi. Sefanya Tarigan, salah satu peserta Short Course B2B dan juga finalis dari B2B Sales Competition mengatakan bahwa acara yang diselenggarakan sangatlah informatif, menarik, dan menyenangkan. “Saya belajar sesuatu yang baru dan hal tersebut menjadi bekal untuk masa depan saya dalam berkarir. Tidak hanya ilmu, saya juga mendapat pengalaman untuk ikut bersaing dalam perlombaan tentang sales,” tutup Sefanya. Adapun pemenang dari B2B Sales Competition adalah Emily Yulibina sebagai Juara 1 dan Aditya Putra sebagai Juara 2 (Runner-Up).