Home / Berita Terkini / Menggapai Peluang Melalui Program Bisnis Digital

Menggapai Peluang Melalui Program Bisnis Digital

Apakah yang dimaksud dengan Bisnis Digital?

Apakah berjualan secara online? Apakah menggunakan aplikasi kasir dalam mencatat transaksi penjualan? Keduanya hanya merupakan bagian terkecil dari bisnis digital. Bisnis digital adalah menciptakan keunggulan bersaing melalui penciptaan value yang unik bagi pelanggan dengan cara melakukan digital transformation.

Mengapa bisnis digital perlu anda prioritaskan?

Kini pelanggan dapat lebih memahami produk yang hendak dibelinya sebelum mengunjungi toko anda. Bahkan produk yang sejenis pun telah tersedia di toko lain, sehingga pelanggan memiliki pilihan berbelanja yang lebih luas, tidak hanya ke toko anda.

Bagaimana caranya bisnis anda dapat tetap bersaing dan menjadi pilihan utama bagi pelanggan? Ciptakan value yang unik bagi pelanggan.

Value tidak dapat dibeli, melainkan harus anda ciptakan. Salah satu cara menciptakan value di bisnis  anda adalah dengan melakukan digital transformation.

Digital transformation secara sederhana dapa diartikan dengan “ mengubah fisik menjadi digital”. Sehingga aktivitas yang selama ini sudah berjalan tidak akan dibuang, melainkan ditingkatkan agar dapat menghasilkan sesuatu yang melebihi aktivitas sebelumnya.

Setelah melakukan digital transformation, bisnis anda akan dapat:

  • Menigkatkan penjualan dengan cara mengingatkan pelanggan anda untuk berbelanja ke anda, bukan menunggu mereka dating
  • Menjangkau pasar yang lebih luas dengan segmen pelanggan yang semakin lebar
  • Memfokuskan operasional bisnis kea rah pelayanan pelanggan

Oleh karena itu, pebisnis konvensional (offline) maupun pebisnis modern (online) tidak lagi cocok jika mengelola bisnisnya dengan cara yang selama ini telah terbiasa dilakukan.

Program Bisnis Digital, Program Studi Sarjana Administrasi bisnis Unpar dapat mempermudah anda dalam melakukan digital transformation.

Mengapa anda harus memilih kami?

Program Bisnis Digital, Program Studi Sarjana Administrasi Bisnis Unpar lebih mengutamakan sisi pengelolaan bisnis secara digital dibandingkan penguasaan berbagai aplikasi yang sesungguhnya dapat anda pelajari sendiri melalui kursus online.

Pengelolaan bisnis secara digital harus dimulai dari penciptaan ide, karena perusahaan besar sekelas Google-pun terus mencari ide baru yang dapat diaplikasikan, untuk menciptakan value yang unik bagi pelanggannya. Anda akan dilatih melalui berbagai studi kasus, sharing best practices perusahaan mitra, dan metode pembelajaran yang mengasah Higher Order Thinking Skills agar terbiasa menciptakan ide yang dapat dikomersilkan, serta memiliki value yang unik bagi pelanggan.

Ide yang dapat dikomersilkan perlu dikombinasikan dengan kemampuan manajerial bisnis yang baik. Bisnis digital memerlukan 3 (tiga) jenis pegawai dengan keahlian berbeda, yang jika digabungkan akan mendukung penciptaan value yang unik. Inovator, pelaksana, serta ahli teknologi memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda. Anda harus dapat memahami karakteristik setiap jenis pegawai, yang selanjutnya membentuk cara pebngelolaan pegawai yang unik. Anda juga harus dapat merajut karakteristik dan keunggulan setiap jenis pegawai agar menjadi keunggulan bersaing bisnis anda.

Penguasaan teknologi tidak menjadi prioritas kami, karena penyedia jasa teknologi yang andal sangat mudah ditemukan. Teknologi diperlukan agar operasional menjadi lebih mudah, tetapi teknologi akan tepat guna jika ide dan cara mengelola bisnis sudah tepat sasaran. Ide dan cara mengelola bisnis yang sudah berhasil anda ciptakan menjadi dasar untuk anda memilih penyedia jasa teknologi yang sesuai dengan kebutuhan nada.

Anda tidak berencana memilih bisnis sendiri, melainkan ingin menjadi pegawai profesional?

Tidak masalah, karena program Bisnis Digital, Progrram Studi Sarjana Administrasi Bisnis Unpar mengakomodasi anda yang juga hendak menjadi pegawai professional. Anda akan memperoleh kesempatan magang, dengan bekal kemampuan dan kompetensi yang melebihi mahasiswa lain di bidang Bisnis Digital dari universitas lain.

Kemampuan dan kompetensi anda ditingkatkan melalui program hasil kerjasama dengan berbagai perusahaan dan lembaga pelatihan professional, seperti TGAS (PT. Tiga Anugerah Sejahtera). Melalui hasil kerjasama tersebut, kami dapat membagikan berbagai pengalaman nyata berupa best practices, dan juga tren yang sedang terjadi di dunia bisnis.

Selain bekerjasama dengan organisasi berskala nasional, kami juga membangun program khusus yang bertujuan meningkatkan kompetensi anda sebagai pebisnis digital berdasarkan hasil perumusan dan kerjasama dengan berbagai lembaga asing, seperti:

  • European-Asian Management Institute (Certified Complex Problem Solving)
  • Hobart Technology (Business Analytics)
  • Erasmus+ (SEASAC South-East Asian Sales Competition)

Program yang telah kami rancang yaitu ujian sertifikasi kompetensi bertaraf internasional, dan kompetisi pemasaran di tingkat dunia. Kami menyediakan kesempatan ini karena pekerjaan tidak lagi dibatasi oleh lokasi maupun kewarganegaraan, melainkan dibatasi oleh kompetensi yang dimiliki.

Selain itu, anda juga berkesempatan untuk mengikuti pertukaran pelajar selama 1 semester di universitas asing yang telah menjadi mitra Unpar, atau terdaftar sebagai anggota Association of Christian Universities and College and Universities (ASEACU). Program ini dapat membantu anda “membuka amata” betapa pentingnya memiliki kompetensi bertaraf internasional di bidang Bisnis Digital.

Segera mulai langkahmu sebagai digital transformation inisiator di program Bisnis Digital, Program Studi Sarjana Administrasi Bisnis Unpar.

Permudah hidupmu di masa mendatang. (Kontributor: Angela Caroline, M.M., Yoke Pribadi Kornarius, M.Si., Agus Gunawan, Ph.D., Dr. M. Banowati Talim, Shelvi, M.M., Program Bisnis Digital, Program Studi Sarjana Administrasi Bisnis, Universitas Katolik Parahyangan)