Home / Berita Terkini / Mengenal Budaya Nias Lebih Dekat
Seminar Pentas Seni Budaya Nias IMN Unpar 2016- Mengenal Nias

Mengenal Budaya Nias Lebih Dekat

Kekayaan budaya Indonesia memang tidak ada habisnya. Terbentang dari Sabang hingga Merauke, Indonesia memiliki 34 provinsi dengan ratusan suku yang memiliki keunikan budaya masing-masing. Salah satu kelompok etnis yang ada di Indonesia adalah Nias. Selama ini masyarakat hanya mengetahui Nias sebagai suatu kepulauan yang berada di wilayah Sumatera melalui berita terkait bencana alam seperti gempa dan tsunami. Banyak orang yang belum mengetahui keindahan serta potensi yang dimiliki oleh Nias baik dari segi alamnya serta keunikan etnisnya.

Ikatan Mahasiswa Nias (IMN) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) merespon hal tersebut dengan mengadakan rangkaian Pentas Seni Budaya Nias (PSBN) pada Jumat (08/04) dan Minggu (10/04) lalu. Acara ini diadakan dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat awam betapa besarnya potensi kebudayaan yang dimiliki oleh etnis Nias dan juga potensi pariwisata yang disimpan oleh Pulau Nias.

Pada Jumat (08/04) rangkaian acara dimulai dengan Seminar Seni, Budaya, dan Pariwisata Nias bertempat di Mgr.Geisse Lecture Theatre, Gedung 3, Unpar. Agus Handrian Mendrofa, Wakil Bupati Nias tahun 2001-2006 yang juga pelaku seni, budaya, dan pariwisata Nias serta Pastur Onesius Otenieli Daeli OSC, S.S, M.Hum., Ph.D., selaku Dosen Fakultas Filsafat Unpar dihadirkan sebagai pengisi acara pada kesempatan itu. Agus Handrian Mendrofa memaparkan presentasi mengenai potensi pariwisata yang ada di Pulau Nias, serta apa saja hambatan yang masih dimiliki Pulau Nias untuk menjadi destinasi wisata unggulan Indonesia.

Rangkaian acara kemudian dilanjutkan pada Minggu (10/04) dengan pementasan seni dan kebudayaan Nias. Kesenian dan kebudayaan yang ditampilkan mencakup prosesi Fame’e Afo – Mogaele (pemberian sirih bagi tamu kehormatan), tari Ya’ahowu, tari Sou Bagoa, tari Fataelusa, tari Tuwu, tari Maluaya, Maena, termasuk atraksi Lompat Batu yang paling tersohor di kalangan masyarakat umum.

Pentas yang diadakan di Aula Sekolah Pascasarjana Unpar, Jl. Merdeka No.30 tersebut dihadiri oleh Rektor Unpar, Mangadar Situmorang, Ph.D beserta jajarannya dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nias Barat, Ir.Nitema Gulo, M.Si. Beberapa tokoh masyarakat Nias yang berada di Jawa Barat juga turut hadir pada kesempatan tersebut.