Home / Berita Terkini / Menefesto 2019, Gelar Seni dan Bisnis untuk Kelestarian Lingkungan

Menefesto 2019, Gelar Seni dan Bisnis untuk Kelestarian Lingkungan

Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) kembali menyelenggarakan Menefesto 2019 selama 2 hari, pada 16-17 Oktober 2019 di Cihampelas Walk. Menefesto 2019 diisi dengan berbagai rangkaian acara pagelaran kreativitas dan bisnis, live music, bazaar, dan kabaret. Menefesto 2019 juga menghadirkan pelaku bisnis sebagai pembicara dalam sesi talkshow. Selain itu, acara juga dimeriahkan oleh penampilan dari d’Cinnamons, Harra dan Ryn Joe. 

Muncul kekhawatiran bahwa masyarakat sering luput akan hubungan antara alam dan manusia yang merupakan suatu keterikatan yang tidak dapat berdiri sendiri, karena keduanya membutuhkan satu sama lain. Maka dari itu, dengan mengangkat tema “Echo Green Soiree”, Menefesto 2019 ingin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian lingkungan. 

Melalui gelar kreativitas dan bisnis yang ramah lingkungan, diharapkan pengunjung dapat menumbuhkan kembali rasa cinta dan hormat terhadap alam dan lingkungan sekitar. Selain itu, Menefesto 2019 ingin membawa suasana baru dengan mengadakan acara outdoor dan menyelaraskan dekorasi tata ruang acara dengan lingkungan sekitarnya.  

Sesi talkshow yang mengundang Kharisma Akbar (Founder Warunk Upnormal) dan Sheila Arief (Founder Tumbuhlab) sebagai pembicara menjadi pembuka acara pada Sabtu, (16/11/2019). Kemudian acara diisi dengan beberapa penampilan kreatif oleh Muhibah Angklung dan Acapella Mata Air Ensembel. 

Sedangkan pada Minggu, (17/11/2019) acara dimeriahkan dengan Kabaret oleh mahasiswa Program Studi Manajemen Unpar dengan konsep dan tema yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian alam. Acara juga diisi oleh berbagai penampilan modern dance dan live music. Kemudian puncak acara ditutup oleh penampilan dari grup band Harra dan d’Cinnamons.

Tanggapan Positif

Kepada Tim Publikasi Unpar, Sharon Laurentia, selaku ketua pelaksana acara mengungkapkan kebahagiaannya atas antusiasme pengunjung. Hal tersebut membayar waktu, tenaga, dan fokus yang telah dicurahkan oleh para panitia untuk mengadakan acara Menefesto 2019. “Tanggapan pengunjung cukup positif, dilihat dari ramainya pengunjung karena konsep dari konten penampilan yang unik, juga boothnya yang environmental friendly,” tambahnya. 

Para mahasiswa Program Studi Manajemen Unpar yang turut berpartisipasi menjadikan acara Menefesto 2019 sebagai wadah untuk mengimplementasikan ilmu dan teori yang didapatkan selama kuliah di kehidupan nyata. “Kita bisa terjun ke lapangan untuk belajar lebih banyak hal, merasakan gimana sulitnya membuat suatu bisnis atau event,” tutur Sharon. 

Selain itu, tema yang diangkat kali ini menjadi ajang kreativitas bagi mahasiswa untuk menghasilkan produk yang dapat berkontribusi terhadap upaya pelestarian lingkungan. Tim Publikasi Unpar berkesempatan untuk mengunjungi beberapa booth menarik yang menjajakan produk berbahan dasar alami dengan pengemasan yang ramah lingkungan.

Sharon berharap agar Menefesto 2019 dapat memberikan dampak positif terhadap bagaimana para pengunjung melihat isu kelestarian alam. “Diharapkan pengunjung acara dapat memahami tema Menefesto 2019 dan menyadari akan pentingnya kelestarian alam,” pungkas Sharon. (MGI/DAN)