Home / Berita Terkini / Memahami Penerapan Matematika Dalam Kehidupan Abad ke-21

Memahami Penerapan Matematika Dalam Kehidupan Abad ke-21

Jurusan Matematika Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menyelenggarakan rangkaian webinar bertajuk “Pembelajaran dan Penerapannya di Abad ke-21”. Seri webinar yang ditujukan bagi siswa-siswi dan guru matematika di tingkat SMA dan sederajat ini menghadirkan berbagai topik bahasan menarik dalam empat seri webinar setiap dua minggu sekali.

Pada rangkaian pertama seri webinar yang berlangsung Sabtu (17/10/2020), Prof. Wono Setya Budhi, Ph.D. berbagi ilmu tentang Matematika dalam berbagai aspek kehidupan. Bagi Guru Besar Matematika ini, matematika merupakan bagian fundamental dalam keseharian, sesuatu yang tak kasat mata namun ternyata menjadi roda penggerak kehidupan manusia.

Perlukah Matematika?

Dalam paparannya yang bertajuk “Semuanya Matematika dan Bilangan”, Prof. Wono melihat bahwa matematika adalah hal yang esensial dalam memahami dunia sekitar kita.  Penguasaan akan matematika menjadi semakin penting memasuki Abad ke-21 dengan pesatnya perkembangan teknologi digital. Namun, bilangan dan matematika pun ada di hal-hal yang lebih dekat dengan kita, seperti dalam bermusik.

Salah satu contoh yang dikemukakan oleh Prof. Wono adalah proses stokastik yang berkaitan dengan peluang pada analisis sistem. Dalam menjelaskan fenomena ini, ia memaparkan eksperimen Buffon menggunakan jarum. Selain itu, Prof. Wono juga memberikan contoh lain berkaitan dengan abstraksi dalam matematika, yaitu percobaan dua botol air. 

Intinya, berbagai contoh ini menunjukkan bahwa bilangan terkandung dalam fenomena keseharian kita. Tugas matematika dalam menjelaskan fenomena tersebut dan memanfaatkannya untuk menyelesaikan permasalahan kehidupan.

Memberi Wawasan

Melalui rangkaian webinar ini, diharapkan para peserta mendapat wawasan baru akan matematika. Hal ini disampaikan oleh Ketua Program Studi Matematika  Unpar Dr. Erwinna Chendra sembari membuka rangkaian webinar ini. Lebih lanjut, webinar ini dapat menjadi sarana para siswa berkenalan dengan Program Matematika, baik peminatan Aktuaria maupun Terapan, yang ada di Unpar.

Seri Webinar Matematika Unpar akan berlanjut hingga akhir November 2020. Kegiatan ini, selain dapat diikuti secara interaktif melalui Zoom, juga dapat disimak melalui siaran langsung di Kanal YouTube Unpar Official. (DAN – Divisi Publikasi)