Home / Berita Terkini / Mau Lanjut Kuliah ke Luar Negeri? Bisa Lewat Sini!

Mau Lanjut Kuliah ke Luar Negeri? Bisa Lewat Sini!

Mengambil pendidikan dengan strata yang lebih tinggi setelah lulus tingkat sarjana semakin diminati oleh para lulusan. Beberapa dari mereka bahkan menginginkan untuk menempuh pendidikan di luar negeri yang dirasa lebih prestisius serta berkualitas dibanding program magister di dalam negeri.

Tak dipungkiri, universitas-universitas di dalam negeri pun berupaya untuk menambah jumlah mahasiswa yang berasal dari luar negeri karena cukup berpengaruh pada penilaian akreditasi dan daya jual perguruan tinggi tersebut. Alasannya adalah, bila mahasiswa luar negeri mau menimba ilmu di universitas tersebut maka sudah pasti mereka percaya akan kualitas pendidikan yang akan mereka terima di sana. Salah satu negara yang tengah membuka diri untuk mahasiswa internasional adalah Korea Selatan.

Melihat peluang tersebut, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) bersama Vista Education, sebuah kantor konsultan pendidikan luar negeri, bekerjasama untuk memfasilitasi mahasiswa dan mahasiswi yang ingin melanjutkan studi mereka terutama di Korea dan Amerika Serikat.

International Office (IO) Kantor Internasional dan Kerjasama (KIK) Unpar berkolaborasi dengan Vista Education mengadakan kegiatan Forum Beasiswa dan IELTS Vista Education yang diadakan pada, Jumat (24/8).

“Sudah lima tahun lebih kami membantu mahasiswa Unpar untuk menyambung studi ke luar negeri, kebanyakan memang di Korea Selatan dan Amerika Serikat karena program Magister Manajemen (M.B.A) yang berkualitas dan prestisius ada di dua negara tersebut. Selain itu mereka juga dekat dengan koneksi di Chaebol serta Sillicon Valley,” ungkap Ana, staf Vista Education yang kali ini mengurus perwakilan di Unpar.

“Dari lima tahun yang lalu mungkin kira-kira sudah ada 10 orang dari Unpar yang mengikuti program kami,” sambungnya.

Vista Education sendiri pada kesempatan kali ini berupaya mensosialisasikan program studi di Universitas Sejong dan Sekolah Bisnis Solbright. Dua universitas tersebut diminati karena selain menyediakan program Magister Manajemen yang mumpuni, juga menyediakan program Ilmu Komputer yang sedang naik daun.

“Kan sekarang ada booming di industri teknologi sama komputer, makanya banyak mahasiswa juga yang lanjutnya ke sana. Di sana juga dekat sama perusahaan-perusahaan teknologi (seperti) Samsung, Daewoo dan lain-lain sehingga bisa magang atau cari kerja di sana,” tambah Ana.

Selain promosi, Vista Education juga memberikan simulasi IELTS secara gratis bagi peserta yang hadir kemarin. “IELTS lebih dipandang dari TOEFL sekarang karena katanya lebih sulit,” ungkapnya.