Home / Berita Terkini / Masa Persiapan dan Protokol Adaptasi Kebiasaan Baru di Unpar

Masa Persiapan dan Protokol Adaptasi Kebiasaan Baru di Unpar

Mulai Senin, 22 Juni 2020, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) akan memulai masa persiapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di lingkungan kampus. Hal ini ditandai dengan kembali beraktivitasnya pegawai Unpar, khususnya untuk bekerja dari kantor (Work From Office atau WFO), secara terbatas. 

Untuk mendukung terselenggaranya aktivitas WFO dan aktivitas terkait dengan tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan komunitas akademik Unpar, pihak universitas menerbitkan Protokol Adaptasi Kebiasaan Baru di lingkungan Unpar. Penyusunan protokol ini sesuai dengan kebijakan dan anjuran pemerintah terkait penanggulangan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Terdapat delapan protokol yang perlu diketahui dan wajib ditaati oleh komunitas Unpar maupun pihak eksternal yang berkaitan dengan aktivitas di Kampus Unpar. Protokol tersebut meliputi ketentuan umum (Protokol A), prosedur kehadiran (Protokol B), prosedur beraktivitas di dalam lingkungan kampus (Protokol C), prosedur disinfeksi dan sanitasi (Protokol D), prosedur pelaksanaan kegiatan berkumpul (Protokol E), prosedur pelaksanaan kegiatan akademik di kelas, studio dan laboratorium (Protokol F), pelaksanaan kegiatan usaha (Protokol G) serta penerimaan mitra, tamu, dan pendamping tamu (Protokol H). Adapun aktivitas pegawai di lingkungan Unpar wajib mengikuti protokol A, B, C, dan E dalam penerapan metode kerja WFO dan kerja dari rumah (Work From Home atau WFH). 

Aktivitas kerja dijalankan dengan memperhatikan pola hidup sehat (seperti memakai masker selama berada di lingkungan kampus serta mencuci tangan secara teratur dengan baik dan benar) dan menjaga jarak sesama (minimal satu meter). Kapasitas per ruang kerja akan dibatasi 50 persen, dengan opsi bagi pegawai untuk berkantor di kampus atau di rumah sesuai kebutuhan dan ketentuan unit kerja masing-masing. Petugas akan melakukan pengecekan kondisi kesehatan pegawai di dua akses masuk yang dibuka di Kampus Unpar, yaitu Gerbang Jalan Ciumbuleuit (gerbang utama) dan Gerbang Jalan Bukit Jarian.

Untuk diperhatikan bahwa selama masa persiapan AKB di Unpar, aktivitas kampus terbatas hanya bagi dosen dan tenaga kependidikan Unpar, dengan jam kerja dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Mahasiswa, unit usaha seperti kantin dan fotokopi, serta tamu luar Unpar belum diperkenankan untuk datang dan beraktivitas di Kampus Unpar hingga pengumuman berikutnya.

Informasi mengenai protokol AKB di Unpar, termasuk formulir-formulir terkait, dapat diakses melalui laman Tim Satuan Tugas Unpar Fights Covid-19 (UFC-19) melalui tautan ufc.unpar.ac.id. (DAN – Divisi Publikasi)