Home / Berita Terkini / Mahasiswi Unpar Raih Prestasi Lewat Pencak Silat

Mahasiswi Unpar Raih Prestasi Lewat Pencak Silat

Dua orang mahasiswi Universitas Katolik Parahyangan yang mewakili Komunitas Pencak Silat ‘Perisai Diri’  berhasil meraih prestasi dalam ajang Bandung Lautan Api Championship 2 yang digelar pada 9-10 November 2019. Kineindy Maurin Jenia dan Kintan Putri Paramastya masing-masing memperoleh satu medali perunggu selaku juara tiga dalam kategori dewasa putri di dua gelanggang yang berbeda.

Kepada Tim Publikasi, Indy dan Kintan mengaku puas akan prestasi yang mereka raih. Terlebih, dengan waktu latihan yang terbatas, mereka dapat mempersiapkan diri dengan baik. Selain melalui jadwal latihan yang dimiliki oleh Komunitas Perisai Diri di Unpar, mereka juga menjalankan latihan intensifnya masing-masing. Khusus dalam kejuaraan ini, keduanya berkompetisi di cabang pencak silat tanding, dimana para peserta melawan peserta lain dalam kategori yang sama lewat sparing.

Kejuaraan Bandung Lautan Api Championship 2 merupakan kejuaraan pencak silat terbuka yang diikuti oleh lebih dari 2000 peserta yang berasal dari siswa-siswi SD, SMP, SMA, mahasiswa serta dewasa putra dan putri. Tidak hanya dari Kota Bandung maupun Jawa Barat, para peserta juga berasal dari luar Jawa, bahkan ada pula yang berasal dari Malaysia. Kejuaraan ini terbagi dalam enam gelanggang kategori tanding serta enam gelanggang kategori jurus atau seni.

Ke depan, Indy dan Kintan berharap agar mahasiswa Unpar semakin tertarik mempelajari pencak silat sebagai salah satu seni beladiri khas Indonesia. Terlebih lagi, Komunitas Perisai Diri kini tengah mengembangkan organisasinya untuk menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baru di Unpar. Nantinya, kawan-kawan mahasiswa yang tertarik untuk terlibat dalam melestarikan seni budaya tradisional dapat mengembangkan diri dengan mempelajari pencak silat dalam Perisai Diri Unpar.