Home / Berita Terkini / Mahasiswa Unpar Borong Lima Penghargaan dalam Ajang MUN (Achmad Yani Short Diplomatic Course)

Mahasiswa Unpar Borong Lima Penghargaan dalam Ajang MUN (Achmad Yani Short Diplomatic Course)

Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) kembali meraih prestasi yang membanggakan. Pasalnya para mahasiswa tersebut berhasil memborong lima dari delapan penghargaan dalam perlombaan Achmad Yani Short Diplomatic Course (AYSDC) yang merupakan ajang Model United Nation (MUN). Perlombaan ini diselenggarakan oleh Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Bandung, pada 30 November hingga 1 Desember 2018 lalu dengan peserta dari berbagai Universitas dari dalam dan luar kota Bandung.

Pada kesempatan tersebut, Unpar mengirimkan delapan orang perwakilannya, yang mana tujuh mahasiswa berasal dari Program Studi (Prodi) Ilmu Hubungan Internasional (HI) dan satu orang dari Prodi Teknik Industri (TI). Tema yang diangkat oleh AYSDC adalah “Combating Extremism through Education” dengan topik bahasan “Preventing and Countering Violent, Extremism and Radicalism Globally”.

“MUN ini membahas tentang edukasi dan extremism, (kita diajak untuk) membuat solusi untuk menyelesaikan masalah radikalisme dan extremism melalui edukasi,” tutur Aloysius Efraim (HI 2017) yang berhasil menjadi Honorable Mention dalam AYSDC.

MUN sendiri merupakan ajang bergengsi, yang bisa melatih para mahasiswa untuk bisa berpikir secara kreatif dan memberikan solusi terhadap suatu permasalahan. Selain itu, MUN bisa membantu mahasiswa untuk dapat melatih kemampuan public speaking terutama Bahasa Inggris.

Pada kesempatan tersebut, Efraim bercerita bahwa dengan mengikuti MUN, seseorang bisa lebih terbuka wawasannya, lebih sadar dengan dunia internasional dan dengan keadaan dunia saat ini. MUN juga merupakan sarana yang penting bagi mahasiswa untuk belajar tentang the art of negotiation, cara menyelesaikan masalah, dan belajar tentang kerja sama.

Adapun, mahasiswa Unpar yang memenangkan penghargaan pada ajang AYSDC, yakni Archangela Rachel sebagai Best Delegate, Aloysius Efraim sebagai Honorable Mention, dan Bella Aprilia, Veronica Acintya, serta Jonathan Prasetyo yang mendapatkan penghargaan Verbal Commendation.