Home / Berita Terkini / Mahasiswa Internasional Unpar di Km 0 Citarum

Mahasiswa Internasional Unpar di Km 0 Citarum

Sebagai salah satu universitas yang berlokasi di tatar Parahyangan, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) terlibat aktif dalam rehabilitasi sungai Citarum melalui Program Citarum Harum sejak digagas pada April 2018. Salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat Unpar dilakukan pada Jumat (1/3/2019) berlokasi di Kilometer 0, Situ Cisanti di kaki Gunung Wayang.

Peserta yang kali ini terlibat adalah mahasiswa internasional peserta pertukaran mahasiswa yang tengah belajar di Program Studi Hubungan Internasional FISIP Unpar; diantaranya James Moore dan Annabel (program ACICIS asal Australia), Gesa Dolkmeyer asal Jerman, Diana Tran asal Jerman, dan Romane Boyek asal Perancis. Dalam paparannya di depan para siswa madrasah, Dr. Sukawarsini Djelantik, dosen dan salah seorang aktivis gerakan “Citarum Harum Juara” dan pendukung aktif gerakan “penghapusan pemakaian plastik” memaparkan bahaya plastik dan stryrofoam bagi kesehatan dan kelestarian lingkungan.        

Peserta diajak meninjau lokasi 7 mata air di Danau Cisanti kemudian diikuti dengan diskusi bersama para siswa Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Maarif di Desa Cibeureum Kecamatan Kerta Sari. Diskusi bertujuan meningkatkan kesadaran merawat lingkungan dengan mengatasi limbah, mengurangi polusi, dan pengelolaan sampah.  

Para siswa sangat antusias mengikuti diskusi, yang ditunjukkan dengan aktif mengajukan pertanyaan seputar lingkungan terutama terkait pengelolaan limbah, pemilahan sampah dengan penerapan prinsip pengurangan (reduce), pemakaian kembali (reuse), dan mendaur ulang (recycle). Antusiasme siswa bertambah dengan adanya pembagian tas-tas yang dapat dipakai berulang kali, untuk mengurangi pemakaian tas plastik dalam aktivitas sehari-hari. Acara ditutup dengan suguhan kopi lokal dari perkebunan warga di kaki Gunung Wayang.