Home / Alumni / Magister Administrasi Bisnis

Magister Administrasi Bisnis

Tidak sedikit mahasiswa yang melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi setelah mendapatkan gelar sarjananya. Alasannya adalah untuk lebih mengembangkan pengetahuan terkait dengan bidang ilmu dan untuk memperluas kapabilitasnya. Melihat hal tersebut, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) memahami kebutuhan akan adanya pendidikan pascasarjana yang berkualitas. Sejak didirikan pada tahun 1995, sampai saat ini Sekolah Pascasarjana Unpar sudah memiliki 10 program magister dan 4 program doktor. Salah satu program magister dari Pascasarjana Unpar adalah Program Studi Magister Administrasi Bisnis (PS MAB), yang didirikan pada tahun 2017.

Dengan terus menjunjung sesanti Unpar, PS MAB didirikan dengan tujuan untuk dapat membangun karakter kepemimpinan bisnis yang inovatif, transformatif, memiliki wawasan etis melalui metode pembelajaran yang integratif, serta untuk membangun jejaring yang kuat untuk pendampingan pelaku usaha yang melibatkan aktor pemerintah, bisnis, akademisi, dan masyarakat dalam sektor usaha stratejik.

PS MAB mempunyai visi yaitu untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi strata magister dalam bidang Administrasi Bisnis, yang menghasilkan profesional bisnis andal, yang mampu mensinergikan kearifan lokal dan nasional, dengan wawasan regional dan global. Dengan visinya tersebut, PS MAB berupaya untuk dapat menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Administrasi Bisnis pada strata magister dengan memadukan kearifan lokal dan nasional dengan wawasan regional dan internasional untuk terbangunnya pebisnis Indonesia yang tangguh di era pasar bersama ASEAN dan Cina khususnya serta pasar global umumnya, yang memiliki kepribadian Indonesia dalam pergaulan masyarakat bisnis dunia.

Mahasiswa PS MAB aktif mengikuti berbagai kegiatan internasional dan juga memenangkan kompetisi internasional. Seperti misalnya dalam kegiatan International Convention of Future Business Leaders (ICFBL) yang berlangsung di Manila, Filipina pada Agustus tahun 2017. ICFL merupakan konvensi yang bertujuan untuk dapat meningkatkan ketajaman bisnis, mendorong pengembangan kolaboratif, memperluas perspektif individu untuk dapat memecahkan masalah dengan baik dengan mengundang langsung para CEO ternama sehingga pesertanya dapat mendapatkan pengalaman langsung. Pada acara ICFBL 2017 ini, mahasiswa PS MAB berhasil mendapatkan juara pertama dalam perlombaan Business Case Competition.

Selain itu, PS MAB juga turut aktif dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan guna untuk meningkatkan performanya sebagai sebuah program magister ternama. Misalnya seperti kegiatan diskusi dan Focus Group Discussion (FGD) dengan mitra perusahaan yang berpotensi menjadi salah satu pengguna lulusan PS MAB. Dengan tujuan untuk mendapatkan masukan terkait dengan visi dan misi PS MAB dengan melibatkan pemangku-pemangku kepentingan eksternal yang berasal dari berbagai latar belakang bisnis, FGD tersebut juga turut menghadirkan berbagai Direktur, CEO, serta mentor bisnis ternama baik itu lokal maupun global.

Dalam hal pembelajaran, PS MAB menawarkan 39 sks yang diharapkan dapat ditempuh selama 4 semester. Tidak hanya diisi dengan kegiatan perkuliahan di kelas, namun mahasiswa akan terjun langsung dengan berbagai praktik penugasan di lapangan untuk mengembangkan ilmu maupun wawasannya. Selain itu, salah satu kelebihan dari PS MAB adalah pada semester ke-3, mahasiswa akan diberikan mata kuliah yang disebut dengan kapita selekta, yang mana mahasiswa dapat memilih satu dari tiga opsi pengembangan kemampuan soft skill yang dirancang untuk menyikapi tantangan bisnis global di era digital. Diantaranya adalah dengan melalui student exchange program, internship denggan perusahaan rekanan Unpar, atau dengan mengikuti program mentoring yang diberikan oleh para senior entrepreneurs yang sudah memiliki kiprah yang signifikan di bidangnya.