Home / Berita Terkini / Luncurkan SI KEMAL, Unpar Beri Kemudahan Akses Beasiswa
  • Wakil Rektor Unpar Bidang Kemahasiswaan Rm. C. Harimanto Suryanugraha OSC menyambut baik peluncuran SI KEMAL Unpar

  • Kepala Bagian Kesejahteraan Mahasiswa BKA Unpar, Ayu Pritandya Pertiwi, memaparkan manfaat pengajuan beasiswa melalui SI KEMAL

  • Peluncuran Pengajuan Beasiswa melalui SI KEMAL dimeriahkan music corner yang dipersembahkan oleh mahasiswa penerima beasiswa

Luncurkan SI KEMAL, Unpar Beri Kemudahan Akses Beasiswa

Pemukulan gong oleh Rm. C. Harimanto Suryanugraha, OSC. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menandakan peluncuran Sistem Informasi Kemahasiswaan dan Alumni (SI KEMAL) pada Jumat (27/9). Sistem ini dirancang bersama oleh Biro Kemahasiswaan dan Akademik (BKA) dan Biro Teknologi Informasi (BTI) sebagai bagian dari langkah digitalisasi Unpar, memanfaatkan teknologi informasi untuk memberikan kemudahan bagi sivitas akademika Unpar, khususnya mahasiswa.

Fitur utama yang diperkenalkan dalam acara Peluncuran SI KEMAL meliputi sistem Pengajuan Beasiswa bagi mahasiswa Unpar. Sebelumnya, proses pendaftaran beasiswa dilakukan melalui berbagai jalur bergantung pada ketentuan beasiswa. Kini, mahasiswa dapat mengajukan diri untuk mendapatkan beasiswa internal yang lazim disebut “Empat Besar” maupun eksternal melalui sistem yang terintegrasi dengan SI AKAD lewat Portal Mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Romo Harimanto mengapresiasi hasil kerja keras BKA dan BTI dalam mempersiapkan sistem informasi yang telah dirancang kurang lebih dua tahun ini. Ia berharap agar kehadiran SI KEMAL memberikan manfaat bagi sivitas akademika Unpar.  “Mudah-mudahan membantu kita semua untuk melibatkan diri di dalam kegiatan, khususnya bagi mahasiswa dan alumni,” ungkapnya.

Artikel terkait: Kembangkan Diri Lewat Beasiswa Unpar

Dalam kegiatan yang diikuti oleh pimpinan universitas, perwakilan fakultas dan biro terkait, serta mahasiswa ini, Ayu Pritandya Pertiwi selaku Kepala Bagian Kesejahteraan Mahasiswa BKA Unpar menjelaskan berbagai manfaat bagi mahasiswa untuk mengajukan beasiswa melalui SI KEMAL. Sistem pengajuan beasiswa yang terintegrasi, selain menghasilkan proses yang efisien, akan membantu universitas dalam memonitor jumlah dan sasaran penerima beasiswa. “Dengan adanya sistem, semua akan tercek dengan cepat,” jelasnya. 

Selain melalui presentasi, BKA juga menayangkan video tutorial yang menjelaskan tata cara pengajuan beasiswa melalui SI KEMAL. Acara yang disajikan santai ini diisi dengan music corner yang dihadirkan oleh para penerima beasiswa Unpar, lalu ditutup dengan makan siang bersama. 

Melalui pengajuan beasiswa secara daring lewat SI KEMAL, Unpar memberikan kemudahan bagi mahasiswa yang membutuhkan beasiswa untuk menunjang aktivitas akademiknya. Adapun pengajuan beasiswa melalui SI KEMAL akan dapat digunakan mulai tanggal 1 Oktober 2019. (DAN)