Home / Berita Terkini / Lewat Visiting Professor Programme, FE Unpar Menggelar Kuliah Umum dan Workshop

Lewat Visiting Professor Programme, FE Unpar Menggelar Kuliah Umum dan Workshop

Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan (FE UNPAR) menggelar kuliah umum bertajuk “Sustainable Development and Innovation” dengan pembicara Prof. Kanji Tanimoto dari School of Commerce Waseda University pada Jumat, (6/3/2020). Kuliah umum ini adalah salah satu dari rangkaian kegiatan dalam rangka visiting professor programme yang diadakan oleh Program Studi Akuntansi UNPAR. 

Sustainable Development (SDGs) adalah perkembangan berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan saat ini sehingga generasi mendatang juga mampu untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Pada kuliah umum ini dibahas dua poin utama yaitu permintaan dunia untuk pembangunan berkelanjutan dan cara untuk mengatasi pembangunan berkelanjutan itu sendiri dari segi bisnis. Selain itu dibahas juga mengenai sektor bisnis yang diharapkan akan memainkan peran penting dalam mengembangkan pendekatan inovatif untuk SDGs.

Permintaan dunia untuk pembangunan berkelanjutan dapat dilaksanakan dengan mulai meningkatkan kesadaran masyarakat akan SDGs, mengembangkan kegiatan dan jaringan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), mengubah perilaku pasar, serta mengubah peran dan tanggung jawab dari perusahaan.

Cara mengatasi pembangunan berkelanjutan dari segi bisnis dapat dilakukan oleh Social Entrepreneur (SE) yang memiliki peran sebagai seorang inovator perubahan sosial dalam menangani masalah sosial dengan menciptakan dan mengimplementasikan skema atau model bisnis yang inovatif. Inovasi sosial ini bertujuan untuk mengenalkan model bisnis baru dan mekanisme yang berbasis pasar sehingga menghasilkan ekonomi, lingkungan, dan kemakmuran sosial yang berkelanjutan. 

Workshop

Selain kuliah umum, Prof. Kanji Tanimoto juga memberikan Workshop bertajuk “Academic Writing and Publication”. Di dalamnya disampaikan mengenai tata cara penulisan paper yang baik, dasar-dasar untuk penerbitannya, dan konsep berpikir bagi peneliti. Seorang peneliti harus mempunyai realitas, filosofis, disiplin, menggunakan metode yang tepat, dan pikiran yang logis sehingga apa yang dipublikasikan dapat disampaikan secara jelas serta berguna bagi perkembangan masyarakat.

“Harapan saya setelah mengikuti kegiatan ini mahasiswa dapat mengerti apa yang harus dilakukan di era sekarang, terutama berkaitan dengan Sustainable Development,” ungkap  Dr. Paulina Permatasari, SE., M.Ak., CMA., CSRS., CSRA selaku Ketua Jurusan Akuntansi Universitas Katolik Parahyangan. “dan negara Jepang terkenal dengan inovasinya, diharapkan mahasiswa juga dapat terinspirasi untuk lebih inovatif setelah mendengar paparan dari Prof. Kanji Tanimoto.” tutupnya. (JSO/DAN – Bagian Publikasi)