Home / Berita Terkini / Lewat Sharing Session, IO Unpar Menyapa Mahasiswa Internasional

Lewat Sharing Session, IO Unpar Menyapa Mahasiswa Internasional

Kantor Internasional dan Kerjasama Universitas Katolik Parahyangan (KIK Unpar) atau yang dikenal sebagai International Office (IO) Unpar kembali mengadakan kegiatan Sharing Session. Kegiatan yang berlangsung pada Kamis (15/5/2020) ini mengangkat topik “Academic Activities During Covid-19”. 

Kegiatan diikuti oleh mahasiswa internasional Unpar baik dari program Darmasiswa, Kemitraan Negara Berkembang (KNB) juga mahasiswa internasional reguler, beserta perwakilan dari Biro Administrasi Akademik (BAA) dan Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Unpar. Uniknya, kegiatan dibawakan dalam Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar.

Paparan dibuka dengan penjelasan mengenai kegiatan akademik di Unpar secara umum. Dengan situasi saat ini, tentu terjadi berbagai perubahan dalam aktivitas perkuliahan dan akademik lain sesuai himbauan pemerintah dan kebijakan universitas. Hal ini tidak hanya perlu dipahami oleh mahasiswa reguler Unpar, namun juga mahasiswa internasional. Perubahan dalam kegiatan akademik Unpar mencakup berbagai hal, seperti pergeseran jadwal akademik dan metode kuliah serta ujian.

Kemudian, mahasiswa internasional mendapatkan wawasan singkat mengenai situasi Covid-19 di Kota Bandung serta pencegahan penyakit demam berdarah. Hal ini menjadi penting mengingat banyak mahasiswa internasional yang mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap tinggal di kediaman masing-masing. Selain itu, mahasiswa juga mendapat informasi keimigrasian, termasuk kebijakan pemerintah memperpanjang secara otomatis visa pelajar bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan masa studi di Unpar, namun tidak dapat kembali ke negara asal.

Terakhir, IO Unpar memberikan tips dan trik menghadapi Covid-19. Menjaga stamina tubuh tentu penting dalam menjaga diri agar tetap sehat, namun tidak kalah pentingnya adalah menjaga kesehatan mental. Para mahasiswa asing diajak untuk melakukan berbagai aktivitas yang positif dan berkomunikasi dengan Unpar dan mahasiswa asing lainnya. 

Kepala IO Unpar Sylvia Yazid Ph.D. serta perwakilan BAA dan BIPA Unpar yang hadir dalam kegiatan ini menanggapi dengan baik pertanyaan dan masukan dari para mahasiswa asing. Sylvia juga berpesan agar mahasiswa asing tidak perlu takut dan cemas, tetapi tetap waspada serta mengikuti himbauan yang ada berkaitan dengan penanggulangan Covid-19.

Kegiatan ini merupakan kali kedua IO Unpar mengadakan sharing session bagi mahasiswa asing. Pada sesi sebelumnya, mahasiswa dipandu untuk menjaga kesehatan mental dalam menghadapi situasi pandemi saat ini. Melalui kegiatan sharing session dan layanan kemahasiswaannya, IO Unpar terus menjalin komunikasi dengan mahasiswa internasional, menjamin keamanan dan keselamatan mahasiswa selama masa tanggap Covid-19 di Indonesia. (DAN – Divisi Publikasi)