Home / Berita Terkini / Lewat Reang Panjingkrak, UKM Tari Listra Unpar Kembali Torehkan Prestasi
Kiri atas : Widni agusya saksono dewi 2016, nur Shadrina 2017, ghautami kelama alara 2016, ghautami rama putra udnaka 2016, Nisrina Dwianti 2017, luqyana alifa kamilia 2017 Bawah kiri : Debby valentzia 2017, RA almadira dzakirah 2016, Ardhisty shafira putri 2017

Lewat Reang Panjingkrak, UKM Tari Listra Unpar Kembali Torehkan Prestasi

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari Universitas Parahyangan (Unpar), Listra, meraih juara satu dalam lomba Denscup ke-19 yang diselenggarakan oleh pihak Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti pada tanggal 15 Oktober 2018.

Ketua Tim Listra, Ghautami Kelama Alara, mengatakan, prestasi yang didapatkan kali ini sama dengan tahun lalu yang juara satu pertama di ajang yang sama.

“Untuk Tim Listra, ajang ini yang kedua kalinya dan juara satu juga sama kaya tahun kemari 2017,” ujar Ketua Tim Listra, Ghautami Kelama Alara saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Sabtu (3/11/2018).

Ghautami mengatakan, lomba ini diikuti oleh enam tim dari Universitas yang ada di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Trisakti, Universitas Prof.dr.moestopo, dan Universitas Parahyangan.

“Untuk Tim ada enam, UI sendirinya mengirimkan dua tim pada perlomba itu, tapi yang juara bersyukur dari kita dan bisa mempertahankan,” ujarnya.

Menurut Ghautami, kompetisi Denscup ini mengusung tema kreasi tari Tradisional Nusantara, dan Tim lara menampilkan tarian khas Jawa Barat bernama Tari Reang Panjingkrak.

“Ya saya mengambil Tarian asal Jawa Barat bernama Reang Panjingkrak karena memiliki filosofi yang sangat mendalam,” ujarnya.

Tarian ini, terangnya, memiliki arti menggambarkan kegembiraan para petani wanita ketika musim panen telah selesai, kegiatan ini dilakukan untuk mengisi waktu luang, yang diekspresikan melalui tari, tarian yang dinamis sebagai simbolisasi keberhasilan para petani menanam padi hingga panen, dan sebagai wujud penghormatan terhadap Dewi Sri (Dewi Padi).

Tim Listra yang mengikuti lomba Denscup 2018 terdiri dari angkatan 2016 dan 2017 nama nama diantaranya ghautami kelama alara 2016, ghautami rama putra udnaka 2016, widni agusya saksono dewi 2016, RA Almadira Dzakirah 2016, Nisrina Dwianti 2017, Nur Shadrina 2017, Debby Valentzia 2017, Ardhisty Shafira Putri 2016, Luqyana Alifa Kamilia 2017.

Sementara itu, Ghautami mengatakam terkait persiapan lomba dan bisa mempertahankan gelar dari tahun sebelumnya ia dan teman-temannya itu melakukan persiapan yang sangat insentif.

“Cara listra kalau ada lomba sama seperti biasa, latihan intensif min h-1 bulan sebelum lomba, biasanya kita sebelum latihan pemanasan dulu seperrti biasa, terus latihan berulang ulang dan samain gerakan detail dengan teman satu group,” ujarnya.

Selanjutnya ia berharap semoga kedepannya UKM Listra dapat mengharumkan nama Unpar sendiri, dan semoga kedepannya dapat melestarikan kebudayaan Indonesia dan menjadi inspirasi bagi UKM lainnya.

 

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Lewat Reang Panjingkrak, UKM Tari Listra Unpar Kembali Torehkan Prestasi, http://jabar.tribunnews.com/2018/11/03/lewat-reang-panjingkrak-ukm-tari-listra-unpar-kembali-torehkan-prestasi.
Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Seli Andina Miranti