Home / Alumni / Laboratorium Hukum FH Unpar Adakan Kuliah Umum Bersama HHR Partners

Laboratorium Hukum FH Unpar Adakan Kuliah Umum Bersama HHR Partners

Pendidikan tinggi bila dipahami dalam konteks modern berperan untuk mempermudah para mahasiswa dalam meraih cita-cita dan penghidupan yang layak dengan cara melengkapi mereka dengan kemampuan dan pengetahuan yang memadai. Untuk itu, selain teori dan teknis, perguruan tinggi juga perlu untuk memberi pengetahuan kepada mahasiswa tentang bagaimana mereka akan menghadapi dunia kerja nantinya.

Melihat kebutuhan akan hal tersebut, Laboratorium Hukum Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan (FH Unpar) bekerjasama dengan HHR Partners mengadakan kuliah umum mengenai gambaran karir seorang advokat.

Tampil menjadi pembicara utama adalah Pheo M. Hutabarat, advokat senior serta seorang partner dari HHR Partners. Pheo yang juga merupakan alumnus FH Unpar bercerita tentang bagaimana seorang advokat perlu bertindak dan juga berpikir. Ia sendiri lebih banyak bercerita tentang pengalamannya yang telah membentuk karirnya sebagai praktisi hukum.

“Belajar itu bisa dari siapa saja, contohnya saya ini belajar dari buku biografi Pak Mochtar Kusumaatmadja … dan ternyata dia itu pintar ya karena belajar dari jam 5 setelah shalat. Saya sendiri tidak shalat maka saya bangun jam 4 lalu pergunakan waktu itu (untuk) belajar!,” ungkap Pheo disambut tepuk tangan hadirin.

Ia juga menceritakan bagaimana pendidikan zaman sekarang sebenarnya sudah memberikan fasilitas serta pengetahuan yang memadai. “Di Fakultas Hukum kalian sudah diajar(i) mental untuk kuat kan? Di dunia hukum nanti pun kalian butuh mental kuat itu,” katanya saat menceritakan bagaimana mental yang kuat penting untuk seorang advokat dalam mempertahankan kasus yang ditangani.

Selain itu, beliau juga membicarakan tentang bagaimana advokat atau ahli hukum sebagai sebuah profesi memiliki tanggung jawab moral yang penting. Tak ketinggalan pula, ia menekankan bahwa para pengacara harus memiliki mental “problem-solver”.

“Kalau jadi pengacara itu jangan mental curhat, mental kalian harus kuat!. Coba kalian pikir kalian itu sebagai pengacara akan dicurhatin sama orang-orang yang membutuhkan bantuan kalian memecahkan masalah-masalah serius. Jadi jangan justru terlena sama masalah pribadi kalian! Fokus memecahkan masalah besar!. Be Professional!,” pungkas Pheo.