Home / Berita Terkini / Kunjungan Unpar ke Kedge Business School Perancis

Kunjungan Unpar ke Kedge Business School Perancis

Akhir November lalu, sejumlah dosen Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) mengadakan kunjungan dalam rangka inisiasi salah satu kerja sama internasional dengan universitas di Perancis. Sebagai bagian dari rangkaian perjalanan pelaksanaan kerja sama ERASMUS INSPIRE di Kota Alicante – Spanyol pada 26 hingga 29 November lalu, tim berkesempatan untuk singgah selama dua hari di Kota Marseilles dan berkunjung ke Kedge Business School yang menempati peringkat top 1% of Business Schools di seluruh dunia (https://kedge.edu/).

Tim yang terdiri dari  dosen-dosen Unpar yaitu Maria Widyarini (Ketua Prodi MBA), Tutik Rachmawati (Ketua Prodi Administrasi Publik), Fiona Ekaristi (Dosen Prodi Administrasi Bisnis), Christian Wibisono (Dosen Prodi Manajemen), dan Ratih Indraswari (Kepala Kantor Kerjasama Internasional), bertemu dengan Julien Hanoteau (Head of the Strategy, Sustainability & Entrepreneurship Department) dan melaksanakan diskusi persiapan kerja sama riset bersama.

Adapun topik riset bersama internasional tersebut mengenai korupsi di sektor swasta, dengan tujuan menghasilkan rekomendasi kebijakan pengurangan dan penanggulangan korupsi yang dilakukan oleh sektor swasta yang terlibat dalam pekerjaan-pekerjaan publik yang ditenderkan dan menggunakan dana publik. Riset bersama internasional ini akan diusulkan sebagai proposal riset NUSANTARA yaitu French-Indonesian Science and Technoloy Cooperation Program di tahun 2019.

Beberapa potensi kerja sama dengan lembaga anti korupsi yang ada di Indonesia seperti ICW (Indonesian Corruption Watch) juga KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) telah teridentifikasi. Luaran riset bersama internasional ini diharapkan menjadi salah satu keunggulan Unpar yaitu bahan pembelajaran untuk online learning (MOOC) dalam topik corruption in private sector.