Home / Berita Terkini / Kunjungan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)
UKDW

Kunjungan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta mengunjungi Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) dalam rangka kegiatan studi banding pada Rabu (12/7). Rektor Unpar Mangadar Situmorang Ph.D beserta seluruh jajaran menyambut kedatangan rombongan UKDW di Ruang Rapat Gedung Rektorat Unpar, dalam suasana kegiatan yang berlangsung santai dan hangat.

UKDW, yang didirikan pada tahun 1985, merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana yang sudah berdiri sejak hampir 55 tahun lalu. Sebelumnya, Sekolah Tinggi itu merupakan gabungan antara Akademi Theologia Jogjakarta dan Sekolah Theologia Bale Wiyata Malang. Saat ini, UKDW memiliki enam fakultas dengan 12 program studi, yaitu Fakultas Teologi, Fakultas Bisnis, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Arsitektur dan Desain, Fakultas Bioteknologi, dan Fakultas Kedokteran.

Kegiatan studi banding itu diisi dengan diskusi antara UKDW dan Unpar yang membahas berbagai hal terkait dengan dunia pendidikan tinggi dan hubungan universitas dengan masyarakat serta mitra. Salah satunya, mengenai fenomena keberagaman di lingkungan kampus, baik itu di UKDW maupun Unpar. Misalnya, latar belakang komunitas akademik yang berbeda-beda serta pemenuhan fasilitas untuk kebutuhan spiritual mahasiswa yang juga beragam.

Selain itu, keduanya juga berada di dalam lingkungan masyarakat yang majemuk. Hal ini juga memengaruhi pandangan masyarakat terhadap kampus tersebut, di mana kedua kampus berhasil menempatkan diri sebagai institusi pendidikan yang terbuka dan terintegrasi di dalam masyarakat. Bagi Unpar, hal ini menjadi refleksi bagi visi dan misi para pendiri Unpar beserta masyarakat Bumi Parahyangan.

Baik UKDW maupun Unpar juga saling berbagi pengalaman mengenai kegiatan kemahasiswaan. Diantaranya adalah eksistensi unit kegiatan mahasiswa (UKM) sebagai bagian dari upaya universitas dalam menunjang aktivitas minat dan bakat mahasiswa. Selain itu, dibahas pula kegiatan orientasi awal masa studi, yang dikenal dengan nama Inisiasi dan Adaptasi (SIAP) di kampus Unpar, sebagai langkah menanamkan spiritualitas, nilai-nilai dasar, serta visi dan misi universitas bagi mahasiswa baru.

Kegiatan studi banding menjadi ajang bagi universitas untuk saling berbagi pengalaman dalam melakukan berbagai inovasi pembelajaran. Dengan demikian, kualitas yang dimiliki oleh setiap universitas, baik secara akademis maupun kemahasiswaan, akan meningkat, dan memberikan dampak positif bagi komunitas akademik, juga masyarakat luas.