Home / Alumni / Kunjungan Perusahaan Mahasiswa Administrasi Bisnis ke PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia
kunjungan perusahaan

Kunjungan Perusahaan Mahasiswa Administrasi Bisnis ke PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia

Sebagai seorang calon pebisnis, mahasiswa harus mengenali bisnis secara menyeluruh, baik itu secara teori maupun praktik. Lewat kunjungan perusahaan, mahasiswa diharapkan mampu menjembatani antara teori di kelas dengan praktik di lapangan. Maka dari itu, Himpunan Mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis mengadakan kunjungan perusahaan ke PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia yang terletak di Kawasan Industri Kota Bukit Indah, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Ketika berada di PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia, dosen Unpar yang diwakili oleh Yosefa, ST., MM. dan Daniel Hermawan, S.AB., M.Si., MBA., serta mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Bisnis (IAB) diterima oleh perwakilan dari Indomobil Group dan PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia. Setelah menerima penjelasan singkat tentang profil perusahaan dan lini bisnis yang dijalankan, tim Prodi IAB diajak untuk melihat perusahaan tersebut lebih dekat.

Menggunakan atribut karyawan berupa rompi dan helm, peserta berjalan beriringan mengunjungi tempat produksi dan perakitan truk dan bus. Penataan yang rapi, teratur, dan proses bisnis yang berjalan sesuai SOP menjadi inspirasi bagi mahasiswa dalam melihat proses operasional bisnis berskala global ini. Tak hanya itu, mahasiswa juga belajar tentang etika dan tata cara ketika berkunjung ke pabrik guna menghindari terjadinya kecelakaan kerja akibat proses bisnis yang sangat sibuk.

Setelah mengunjungi pabrik, mahasiswa pun diberi kesempatan untuk melakukan sesi tanya jawab untuk mengetahui berbagai aspek bisnis yang ada di PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia, seperti SDM, pemasaran, operasi, strategi, dan lain sebagainya. Kunjungan perusahaan yang dikoordinasi oleh Maria Lovenia Adventia ini diharapkan mampu menumbuhkan inspirasi di kalangan mahasiswa Prodi IAB dalam melihat proses bisnis yang ada di perusahaan berskala global. (DH)