Home / Berita Terkini / Kunjungan Pemerintah Samosir Perkuat Kerjasama Pengembangan Geopark Toba
  • Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D. dan Bupati Samosir Rapidin Simbolon melakukan serah terima MoU dalam kegiatan kunjungan Pemkab Samosir, Jumat (4/7)

  • Bupati Samosir menjelaskan berbagai capaian yang telah diraih Kabupaten Samosir seiring dengan pengembangan wisata Geopark Kaldera Toba

  • Pimpinan Unpar beserta Bupati Samosir berfoto bersama Tim Unpar untuk Pengembangan Geopark Toba. Tim Unpar yang terdiri dari akademisi dan alumni kini tengah mengembangkan website Geopark Toba serta mempersiapkan pembangunan Taman Unpar di kawasan Toba.

Kunjungan Pemerintah Samosir Perkuat Kerjasama Pengembangan Geopark Toba

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) mengembangkan berbagai bentuk kerja sama dengan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah di Indonesia. Salah satunya adalah kerjasama antara Unpar dan Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, dalam mengembangkan Geopark Kaldera Toba yang kini dicanangkan sebagai salah satu kawasan ekonomi khusus prioritas di bidang pariwisata.

Memperkuat kerja sama pengembangan kawasan Geopark Toba, Pemerintah Samosir melakukan kunjungan ke Unpar pada Jumat (4/10). Agenda utama kunjungan adalah penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) untuk melanjutkan program kerja sama yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D., didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Tri Basuki Joewono, Ph.D. dan Wakil Bidang Kemahasiswaan Rm. C. Harimanto Suryanugraha, OSC. menerima Bupati Samosir Rapidin Simbolon beserta jajaran pimpinan daerah. Hadir pula Dekan Fakultas Teknik Doddi Yudianto, Ph.D., serta para dosen, mahasiswa, dan alumni yang terlibat dalam Tim Unpar untuk pengembangan Geopark Toba.

Dalam acara ini, Bupati Samosir memberikan paparan kemajuan pembangunan pariwisata Kaldera Toba. Perkembangan pesat pariwisata di Kabupaten Samosir terlihat jelas dalam peningkatan jumlah wisatawan, percepatan pembangunan infrastruktur dan prestasi yang telah diterima Pemda Samosir. Hal ini tidak lepas dari kolaborasi antara Pemda Samosir bersama pemerintah kabupaten sekitar kawasan Danau Toba, pemerintah pusat, pelaku usaha juga akademisi, salah satunya Unpar.

Dalam kesempatan yang sama Unpar turut mempresentasikan beberapa program pengembangan yang diharapkan memberi kontribusi dalam kemajuan pariwisata Samosir. Salah satunya adalah rancangan situs web pariwisata Danau Toba yang ditujukan untuk memberikan informasi bagi masyarakat akan Kaldera Toba dan potensi wisatanya. Selain pengembangan website, Unpar juga akan membangun Taman Unpar di kawasan Kaldera Toba.

Penandatangan MoU dilakukan oleh Rektor Unpar dan Bupati Samosir lalu dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan dari Unpar. Menutup acara, Rektor Unpar Mangadar Situmorang menyampaikan apresiasi sekaligus dukungan atas kerjasama antara Pemkab Samosir dan Unpar. “Selamat atas capaian, penghargaan yang sudah diraih (Pemkab Samosir) hingga saat ini, dan (saya) berharap agar itu terus berlanjut dengan capaian-capaian lainnya,” ungkap Mangadar. (DAN)