Home / Berita Terkini / Kunjungan Ikatan Arsitek Indonesia ke Unpar

Kunjungan Ikatan Arsitek Indonesia ke Unpar

Pada Jumat (21/10), Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) mengadakan kunjungan ke Univeritas Katolik Parahyangan (Unpar) khususnya ke Program Studi (Prodi) Arsitektur. Kunjungan singkat tersebut diisi dengan pengenalan Prodi Arsitektur oleh Ketua Prodi Arsitektur Dr. Rahadhian Prajudi Herwindo, S.T., M.T.

Peserta dari IAI yang berjumlah kurang lebih 80 orang tersebut memenuhi seisi ruangan audio visual Gedung Pusat Pembelajaran Arnzt Geise (PPAG). Setelah pengenalan oleh pihak fakultas dan prodi, diadakan foto bersama dan ditutup dengan campus tour dengan mengitari pameran-pameran rancangan maket karya para mahasiswa maupun dosen Arsitektur Unpar.

IAI atau Ikatan Arsitek Indonesia merupakan organisasi yang menghimpun lebih dari 11.000 arsitek di Indonesia. Terbentuknya IAI dilatarbelakangi semakin mudahnya komunikasi pemerintah dengan dunia pengusahaan.

Menginjak usia ke 59, IAI juga telah mengikuti kegiatan-kegiatan internasional melalui keanggotannya di ARCASIA (Architects Regional Council of Asia) sejak tahun 1972, serta ikut dalam UIA (Union Internationale des Architectes) sejak 1974, dan IAI merupakan salah satu pendiri terbentuknya AAPH (Asean Association Planning and Housing).

Pada tahun 2008, Unpar dan IAI mulai menjalin kerja sama mengenai penyelenggaraan Pendidikan Profesi Arsitek (PPArs – IAI) dengan tujuan untuk meningkatkan lagi profesionalisme pada bidang Arsitektur di Program Pascasarjana Unpar sesuai kurikulum hasil rekomendasi dari IAI. Rektor Unpar pada saat itu, Dr. Cecillia Lauw, bersama dengan Direktur Program Pascasarjana Unpar, Prof. Bambang Suryoatmono, Ph.D., serta Wakil Ketua IAI Ir. Barata, IAI, turut hadir dalam penyelenggaraan penandatanganan naskah kerja sama.