Home / Berita Utama / Kunjungan dan Sosialisasi IAEA

Kunjungan dan Sosialisasi IAEA

Pada Kamis (10/8), Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) mendapat kunjungan sejumlah Tim IAEA (International Atomic Energy Agency) dalam rangka promosi dan sosialisasi “Atom for Peace” organisasi otonom yang didirikan pada 1957.

IAEA merupakan organisasi yang bekerja sama dengan negara-negara anggota dan mitra di seluruh dunia di bidang nuklir. Organisasi ini bertujuan untuk mempromosikan pemanfaatan nuklir secara damai, pengawasan terhadap penyimpangan penggunaan nuklir seperti menghambat penggunaannya untuk tujuan militer, termasuk senjata nuklir. Adapun Statuta IAEA menetapkan tiga pilar yaitu keselamatan dan keamanan (safety and security), ilmu pengetahuan dan teknologi (science and technology) dan perlindungan dan verifikasi (safeguards and verification).

Selain mempromosikan kontribusi energi nuklir terhadap perdamaian, IAEA juga mempromosikan penggunaan energi nuklir untuk kesehatan, reaktor riset, dan kesejahteraan di bidang pangan seperti membangun kerja sama antara komunitas petani dan industri makanan.

Dalam presentasi sosialisasi tersebut, IAEA juga membahas seputar proses perekrutan pegawai dalam struktur organisasinya, seperti saat proses interview calon pegawai dilakukan secara daring tanpa melalui pertemuan langsung, sehingga hal tersebut dapat memudahkan calon pegawai yang berada di luar negeri dalam melakukan proses wawancara.

Melalui sosialisasi ini, diharapkan mahasiswa Unpar berminat untuk bergabung dalam organisasi internasional tersebut serta mampu berkompetisi dengan calon pegawai yang berasal dari berbagai negara. Hal tersebut juga menjadi peluang dan langkah awal bagi Indonesia dalam memegang komitmen untuk program inisiatif ke depan dalam bentuk pengiriman para ahli hingga menyediakan fasilitas untuk pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia di Indonesia.