Home / Berita Terkini / Komunitas Unpar Sambut Prapaskah dalam Misa Rabu Abu

Komunitas Unpar Sambut Prapaskah dalam Misa Rabu Abu

Mahasiswa, pegawai, serta dosen berbaur memadati kawasan Lobby Rektorat Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) pada Rabu (6/3/2019). Hari itu, komunitas Unpar mengikuti Misa Rabu Abu yang sekaligus membuka Masa Prapaskah 2019. Meski sangat ramai, Prosesi Misa diikuti dengan khidmat oleh para peserta ibadat.

Misa Rabu Abu kali ini dipimpin oleh Pastor Dame Simatupang, SSCC. beserta Pastor Kasareka Majaribu Emmanuel, OSC. Misa kali ini menjadi istimewa karena kedua Imam merupakan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan lanjut di Unpar. Ibadat didukung pula oleh mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Orang Muda Katolik (OMK) Unpar.

Dalam Homilinya, Rama Dame mengajak hadirin untuk mempersiapkan diri dan hati menyongsong Retret Agung yang puncaknya sampai pada Hari Paskah. Sesuai dengan Injil, manusia tanpa Allah hanyalah abu tanpa nyawa, sehingga Rabu Abu diharapkan menjadi pengingat akan Kasih Allah kepada kita.

“Mari kita meningkatkan diri kepada Tuhan dalam masa Prapaskah ini agar kita dijadikan ‘abu’, abu perubahan,” tegasnya.

Di sisi lain, Rama Dame juga menanggapi tren zaman ini, di mana religiusitas seringkali ditampilkan berlebihan, bahkan menjadi ‘bahan dagangan’ kelompok-kelompok tertentu. Untuk itu, beliau menghimbau umat Katolik untuk terus meningkatkan religiusitas diri, utamanya sebagai bentuk hubungan pribadi dengan Tuhan.

Lewat tanda Salib Abu yang ditorehkan di dahi, komunitas Katolik merefleksikan diri dan mendekatkan diri dengan Tuhan, serta menjalani masa pertobatan untuk menyongsong Momen Paskah.