Home / Berita Terkini / Kompensasi Perubahan Metode Perkuliahan Mendukung Pemelajaran Mahasiswa

Kompensasi Perubahan Metode Perkuliahan Mendukung Pemelajaran Mahasiswa

Sesuai himbauan pemerintah dalam menanggulangi penyebaran Covid-19, Unpar mengubah sistem perkuliahan tatap muka langsung menjadi sistem perkuliahan daring pada pertengahan Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020. Hal ini tentu merubah pola perkuliahan dan pemelajaran seluruh mahasiswa Unpar.

Untuk membantu mahasiswa dalam proses pemelajaran daringnya, Unpar memberikan Kompensasi Perubahan Metode Perkuliahan di akhir semester ini sesuai dengan yang diterbitkan dalam Surat Edaran Rektor Unpar Nomor III/R/2020-05/887 Tentang Pembiayaan Perkuliahan Terkait Pandemik Covid-19. Kompensasi sebesar Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) per kepala diberikan kepada seluruh mahasiswa aktif Unpar yaitu dari angkatan 2019 ke atas.

Prosedur

Untuk mendapatkan kompensasi tersebut, mahasiswa Unpar perlu mengisi formulir yang tersedia di bit.ly/kompensasi_daring_unpar menggunakan email mahasiswa Unpar (berakhiran @student.unpar.ac.id, alamat email lain tidak dapat dipergunakan). Mahasiswa juga perlu mempersiapkan salinan kartu tanda mahasiswa (KTM) yang masih berlaku baik dalam bentuk foto maupun hasil scan digital.

Adapun formulir ini terbagi dalam beberapa bagian. Setelah membaca pengantar dan ketentuan kompensasi, mahasiswa dipersilakan untuk mengisi data diri serta mengunggah salinan KTM. Kemudian, mahasiswa diminta untuk memilih, apakah akan mengambil seluruh dana kompensasi untuk kebutuhan sendiri, maupun menyalurkan dana tersebut untuk didonasikan. Perlu diingat bahwa tidak ada opsi untuk mengambil maupun mendonasikan sebagian dari kompensasi tersebut.

Apabila mahasiswa memilih untuk mengambil kompensasi tersebut, mahasiswa akan diminta untuk mengisi data rekening untuk mencairkan kompensasi. Untuk membantu proses penyaluran, nama pemilik rekening dan bank tujuan harus diisi dengan menggunakan huruf kapital. Proses penyaluran kompensasi akan dilakukan dua minggu setelah periode pengisian formulir ditutup oleh Unpar.

Donasi

Selain untuk dipergunakan sendiri, mahasiswa dapat memilih untuk mendonasikan kompensasi yang menjadi haknya kepada lembaga kemanusiaan yang tengah bergerak menanggulangi dampak penyebaran Covid-19. Terdapat lima lembaga yang akan menjadi tujuan penyaluran kompensasi tersebut, yaitu DoctorShare, Save The Children, Foodbank of Indonesia, Sapa Institute, serta Satuan Tugas Unpar Fights Covid-19 (UFC-19). Mahasiswa bebas menentukan kepada pihak mana kompensasi akan disalurkan sesuai dengan pertimbangan masing-masing. Namun, mahasiswa hanya dapat memilih satu dari lima lembaga tersebut.

Baik yang mengambil kompensasi untuk kebutuhan sendiri maupun untuk didonasikan, mahasiswa diharapkan memastikan kembali bahwa data isian yang akan dikirimkan sudah benar, sehingga proses penyaluran kompensasi dapat berjalan dengan lancar dan tepat sasaran. Seluruh mahasiswa aktif Unpar diharapkan untuk berpartisipasi mengisi formulir tersebut, dengan batas waktu hingga 30 Juni 2020. (DAN – Divisi Publikasi)